Artikel

Hati-Hati! Ini Bahayanya Jika Anda Ajak Bayi Nonton di Bioskop

Jakarta, Prokabar Tidak sedikit orangtua yang mengajak bayinya untuk ikut nonton di bioskop. Wah kira-kira apakah tidak masalah mengajak bayi ke bioskop?  Apakah benar, asal si bayi kenyang dan tidak rewel, maka bioskop merupakan tempat yang nyaman untuk buah hati Anda.

Sebelum Anda ingin mengajak bayi Anda nonton ke bioskop, ada baiknya Anda berfikir lebih matang, karena ternyata mengajak bayi nonton kedalam bioskop bisa merusak pendengarannya dalam jangka panjang loh!

 

Voleme Bioskop Pemicu Gangguan Pendengaran si Kecil

Sejatinya, permasalahan mengajak bayi nonton bioskop maka akan membuat pengunjung lain tidak bisa menikmati film dikarenakan si kecil rewel dan menangis bukanlah suatu masalah utama. Namun permasalahan utama kenapa bayi sebaiknya tidak ikut nonton ke dalam bioskop adalah dikarenakan kondisi bayi yang terlalu kecil belum mampu untuk mendengar dan berada ditempat yang bising dalam tempo yang lebih dari satu jam.

Tahukah Anda sistem suara canggih yang ditemukan di semua bioskop  bisa mengeluarkan volume suara hingga mencapai 85 desibel (dB)? Belum lagi saat terjadi kenaikan dB  yang bisa berkali-kali lipat saat sang aktor berteriak, atau dari suara tembakan hingga ledakan.

Ya, batas suara di atas 85 dB itu lah yang membuat bayi sebaiknya tidak boleh diajak ikut nonton di dalam bioskop karena sangat berbahaya bagi telinganya.  Karena bayi memiliki indera pendengaran yang masih sensitive dan  sangat memerhatikan suara-suara yang berada di sekitarnya.

Menurut American Academy of Pediatrics, tingkat kebisingan 45 dB yang didengar oleh bayi perlu menjadi perhatian khusus oleh orangtua.  Suara pada tingkat dB tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bayi bagian dalam, khususnya koklea. Koklea berfungsi untuk memproses bunyi sehingga bisa terdengar oleh tubuh. Dan bahayanya, suara di atas 100 dB berisiko timbulkan gangguan pendengaran permanen pada anak. Meskipun film yang di tonton adalah film anak-anak, tetapi beberapa film seperti film aksi dapat memiliki tingkat kebisingan 90 dB loh.

Tak ayal jika si kecil berada di bioskop dan mendengar volume suara di atas 100 desibel selama durasi 15 menit non stop dapat memicu gangguan pendengaran permanen pada anak dan dapat membahayakan proses tumbuh kembang anak di masa depan. (rsk)

 

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top