Peristiwa

Hari Penutup Masa Kampanye, ini Prediksi Caleg Sumbar Yang Lolos ke Senayan

Padang, Prokabar – Hari ini (13/4) kampanye pemilu serentak sudah paripurna. Mulai tanggal 14 April, tidak ada lagi alat peraga kampanye, dan seharusnya tidak ada lagi hiruk pikuk debat di dunia maya dan nyata.

Delapan bulan, peserta Pemilu memainkan semua jurus agar dikenal oleh masyarakat. Tujuannya satu, suara masyarakat pada tanggal 17 April diberikan kepada caleg itu. Soal uang, tidak terhitung berapa yang habis.

Lalu bagaimana prediksi perolehan suara di Sumatera Barat?

Peneliti dari spektrum politik, Andri Rusta memprediksi akan muncul berbagai kejutan. Hal tersebut terlihat dari analisa dan kecendrungan pemilih dalam survey yang dilakukan spektrum.

Di Dewan Perwakilan Daerah, petahana masih mendominasi untuk mendapatkan suara terbanyak. Kemungkinan wakil Sumbar di DPD akan diisi oleh dua wajah baru.

“Leonardy Harmaini dan Emma Yohanna saya prediksi masih bertahan. Posisi aman ke tiga adalah Muslim M. Yatim. Perebutan suara ke empat cukup sengit antara Desra Ediwan, Alirman Sori dan Tukimin,” jelas Andri Rusta.

Kejutan malah terjadi diperebutan suara terbanya untuk DPRD Provinsi Sumbar. Dosen Ilmu Politik Unand ini memprediksi Partai Demokrat berpeluang merebut kursi ketua DPRD Sumbar.

“Posisi wakil ketua dari analisa kami didapatkan oleh Partai Golkar, Nasdem dan Gerindra,” ungkapnya.

Sementara itu untuk Caleg DPR RI, perebutan kursi cukup ketat. Khususnya di Dapil 2. Jika mengabaikan Parliamentary Treshold (PT) maka posisi aman didapatkan oleh 3 petahana. Yaitu Mulyadi (Demokrat), Ade Rezki (Gerindra),John Kenedy Aziz (Golkar).

“Wajah baru di dapil 2 saya prediksi adalah Ekos Albar dari PAN dan Nevi Irwan Prayitno dari PKS. Satu kursi lagi diperebutkan oleh PPP dan PDI P, di PPP ada Hariadi dan M. Iqbal, sedangkan di PDI P Agiswanto masih kuat memperoleh suara,” kata Andri Rusta.

Lalu di Dapil Sumbar 1, Nasdem dan Gerindra tampil cukup mengejutkan. Jika Nasdem memperoleh dua kursi maka yang duduk di senayan adalah Lisda Hendrajoni dan Fauzi Bahar. Kalau Partai Gerindra mampu meraih dua kursi maka Andre Rosiade dan Suir Syam melenggang ke DPR RI.

“Yang berpotensi lolos adalah Eka Putra dari Demokrat, Athari Gautri dari PAN, Hermanto dari PKS, Weno Aulia Durin atau Darul Siska dari Partai Golkar, dan Alex Hendra Lukman dari PDI Perjuangan,” tutur Andri.

“Yang paling fenomenal di Dapil 1 adalah Eka Putra dari Demokrat, from zero to hero, dan mampu mematahkan petahana,”tukuk Andri

Andri menegaskan bahwa hal tersebut adalah prediksi, berlandaskan perkembangan hasil survey.

“Hanya prediksi saya sebagai peneliti, hasilnya tetap di tanggal 17 April 2019, karena masyarakat tentu saja sudah punya pilihan, dan buka tidak mungkin akan terjadi kejutan pada hasil Pemilu,” tutup Andri.(laf)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top