Pendidikan

Hafal Alquran, 58 Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar Langsung Terima Beasiswa

Tanah Datar, Prokabar – Dari 2.612 orang yang lulus pada Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar, 58 mahasiswa baru dinyatakan mendapat beasiswa Tahfizh.

Beasiswa Tahfizh itu merupakan program Kementrian Agama RI pada PTKIN se Indonesia yang teknis operasionalnya diserahkan kepada masing-masing Rektor atau pimpinan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri).

Program Tahfizh yang diberikan kepada mahasiswa, baik yang baru memasuk jenjang perkuliahan maupun mahasiswa yang sedang dalam perkuliahan, diberikan kepada mahasiswa berdasarkan tingkat hafalan Alquran nya.

Mahasiswa yang hafal 1 juz dinyatakan lulus tampa tes pada pilihan pertama, mahasiswa yang hafal 2 juz dinyatakan lulus tanpa tes pada pilihan pertama dan bebas SPP selama 2 semester, mahasiswa yang hafal 3 juz dinyatakan lulus tanpa tes pada pilihan pertama dan bebas SPP selama 4 semester, mahasiswa yang hafal 4 juz dinyatakan lulus tanpa tes pada pilihan pertama dan bebas SPP selama 6 semester, sedangkan mahasiswa yang hafal 5 juz dinyatakan lulus tanpa tes pada pilihan pertama dan bebas SPP selama 8 semester.

Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA mengatakan Program Beasiswa Tahfiz merupakan program beasiswa pertama pada tahun ini. Program tersebut juga sebagai bentuk dukungan IAIN Batusangkar dengan Misi pemerintah daerah, meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama, adat dan budaya.

“Program ini juga mendukung visi dan misi kepala daerah kita yaitu meningkatkan pemahaman dan pengalaman agama, adat dan budaya. Sehingga dengan visi dan misi IAIN Batusangkar yaitu Menghasilkan lulusan yang cerdas secara intelektual, spritual, emosional, sosial, dan berdaya saing dalam dunia kerja,“ ucap Kasmuri.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top