Pendidikan

FT Unand Upayakan Akreditasi Internasional

Padang, Prokabar — Dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan, Fakultas Teknik Universitas Andalas terus berupaya mendapatkan pengakuan internasional.

Hal itu disampaikan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, pada saat Rapat Terbuka Senat Dies Natalis ke 34 pada Senin (13/5) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Lebih lanjut, ia mengatakan program studi teknik industri, teknik lingkungan dan teknik elektro telah berhasil mendapatkan akreditasi Indonesian Accreditation Board For Engginering Education(IABEE).

Selain itu, ia juga menyampaikan saat ini semua prodi sedang disiapkan untuk mendapatkan akreditasi internasional Accreditation Board For Engineering and Technology (ABET) yang rencananya akan dilakukan site visit pada bulan September hingga Oktober tahun ini setelah melakukan penantian panjang selama 3 tahun.

Pengakuan internasional pada hakekatnya akan memberikan dampak terhadap daya saing lulusan dan kesempatan lulusan fakultas teknik dalam persaingan global dan kesempatan bekerja di negara mana saja yang mereka inginkan.

Maka dari itu, ia mengingatkan keberhasilan pencapaian akreditasi internasional ini sangat ditentukan oleh komitmen bersama baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pimpinan fakultas dan universitas, alumni serta pemerintahan.

Dalam perayaan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Andalas yang ke 34 ini mengusung tema “Transformasi Pendidikan Tinggi Teknik Menjawab Tantangan Pertumbuhan Memasuki Era Digitalisasi”.

Selain itu juga ada penyampaian Orasi Ilmiah oleh Ir. Jafril Tanjung, mengenai Investigasi Pasca Bencana Gempa Bumi : Identifikasi Kesalahan Kontruksi Beton Bertulang.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, mengucapkan selamat kepada fakultas teknik yang hari ini merayakan hari jadi ke 34.

Ia menganalogikan 34 tahun dengan umur manusia adalah masa yang penuh energi dan punya semangat yang tinggi untuk mengejar prestasi dan kesuksesan besar dalam segala aspek.

Lebih lanjut, ia menyampaikan peningkatan akreditasi program studi yang dilakukan secara terus menerus telah mampu meningkatkan akreditasi program studi dimana 80% program studi di Universitas Andalas telah terakreditasi A dan B.

”Program studi yang telah mendapat akreditasi A ini juga menjadi bukti bahwa proses belajar mengajar di Universitas Andalas telah berjalan dengan baik,” sambungnya.

Namun diperlukan kerja keras lagi untuk mendorong program studi yang belum berhasil untuk mendapatkan akreditasi A sedangkan yang sudah didorong untuk mendapatkan akreditasi atau pengakuan interasional.

Ia berpesan untuk kepada fakultas teknik untuk secepatnya menyelesaikan akreditasi internasional ABET yang proses cukup panjang hingga 3 sampai 4 tahun. “Seperti diketahui dengan mendapatkan akreditasi internasional semua standar sudah internasional baik proses belajar mengajar kemudian juga memiliki jejaring dengan luar negeri kerjasama student exchange, lecture exchange, visiting lecture dan juga riset-riset yang juga mendatangkan inovasi,” terangnya.(*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top