Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

Episode 8 ’Se2ruan’ Bareng Andrea Miranda : “Cinta Broadway Pada Pandangan Pertama”

Dibaca : 182

Jakarta, Prokabar – Live Instagram @Se2ruan menghadirkan penyanyi sekaligus artis peran Andrea Miranda. Wanita yang akrab disapa Dea ini ngobrol bareng Ifan Ohsi tentang kecintaannya pada teater musikal (Broadway).

“Teater musikal jadi cinta pada pandangan pertama bagi saya. Kali pertama dikenalkan orangtua ketika berusia 12 tahun di Sydney,” kenang putri dari komponis kenamaan, Purwacaraka.

Pemilik nama lengkap Andrea Miranda Dwisanti Putri merasakan sensasi yang berbeda ketika melihat pertunjukan opera di sana. Meski tak mengerti dengan dialog berbahasa Inggris, Andrea terkagum kagum melihat konsep pertunjukan.

“Dulu nggak ngerti bahasa Inggris nggak kayak anak-anak sekarang ya pada pinter. Lihat pertunjukannya luar biasa. Mulai dari tatanan panggung, pemain serta nyanyian musikalnya benar-benar bikin jatuh cinta,” aku Andrea yang saat itu tengah mendalami olah seni vokal.

Meski masa kecilnya kurang informasi tentang bagaimana teknik nyanyian broadway, Andrea hanya mengikuti alurnya saja.

“Di luar negeri nyanyian broadway itu sudah dikenalkan sudah lama sekali. Indonesia baru sekarang-sekarang ini dan jarang juga. Makanya waktu kecil nggak terpikir mau jadi apa, pokonya belajar nyanyi aja,” serunya.

Hingga akhirnya Andrea pun menimba ilmu tentang musik di New York. Sekembalinya di sana, Andrea mulai mengaplikasikan ilmu yang didapat saat mendapat tawaran terlibat di Opera Ainun.

“Itu pengalaman pertama saya di teater musikal. Memerankan karakter Ainun (istri alm BJ Habibie). Ternyata mulai dari persiapan hingga tampil full memakan waktu dua tahun. Cukup lama juga,” kenangnya lagi.

Persiapan yang memakan waktu lama inilah yang membuat Andrea fokus ke dunia teater musikal. “Lebih fokus persiapan, akhirnya dari 2015 rilis album pertama baru rilis single ‘Perahu di Atas Bukit’ tahun 2019,” bebernya.

Perbincangan pun semakin hangat ketika Ifan Ohsi bertanya tentang aktivitas Andrea selama masa pandemi covid-19. Sama seperti musisi lainnya, rencana tampil di panggung pun harus tertunda.

“Seharusnya Maret ada drama musikal pendek judulnya ‘Hai Pemuda’. Tadinya kita membawakan karya dari Chandra Darusman dan Guruh Soekarno Putra. Padahal kami sudah menyiapkan 90 persen,” keluhnya.

Tak ingin menunggu kapan pandemi ini berlalu, Andrea mengisi waktu dengan segudang aktivitas. Salah satunya menjadi tenaga pelajar di sekolah musik milik ayahnya.

“Sekarang lagi fokus ngajar di sekolah musik secara online. Sambil nunggu kapan boleh tampil lagi setelah pandemi berlalu,” bebernya.

Melampiaskan kerinduannya menghibur penggemar, Andrea pun terlibat satu acara ‘Tanda Mata’ yang disiarkan langsung dari akun Instagram. Setiap Minggu malam, Andrea menyanyikan list lagu yang diminta pendengar.

“Banyak yang minta lagu musikal tentang Disney’s. Sambil membuka awal hari, saya ingin menghibur pendengar agar semangat menjalani hari-hari di masa pandemi ini,” pungkas Andrea. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top