Trending | News | Daerah | Covid-19

Ekonomi

Entaskan Kemiskinan, Dompet Dhuafa Luaskan 200 Jaringan Layanan Se Nusantara

Foto Beb - Perjalanan Dompet Dhuafa selama 26 tahun, luncurkan 200 zona layanan baru se Nusantara
Dibaca : 238

Jakarta, Prokabar — Kemiskinan jadi masalah nomor satu di dunia. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah, lembaga bahkan kelompok sosial agar kemiskinan bisa teratasi.

Namun pertambahan penduduk semakin meningkatkan jumlah kemiskinan. Inilah yang menjadi tugas bagi kita bersama-sama bersatu mengentaskan kemiskinan.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua Pengurus Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi di acara Peluncuran 200 Zona Layanan Baru di 34 Provinsi di Balai Sarbini, Rabu (30/10).

“Jumlah zona layanan baru yang kita luncurkan masih kurang sebenarnya. Targetnya ada lima ratus zona layanan untuk membantu kaum dhuafa. Semoga kedepannya bertambah agar kemiskinan di Indonesia tidak ada lagi,” harap Nasyith.

Foto Beb - kiri ke kanan, Nasyith Majidi (Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa) dan drg Imam Rulyawan MARS Direktur Eksekutif Yayasan Dompet Dhuafa)

Foto Beb – kiri ke kanan, Nasyith Majidi (Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa) dan drg Imam Rulyawan MARS Direktur Eksekutif Yayasan Dompet Dhuafa)

Selama 26 tahun perjalanan membantu kaum dhuafa di 17 cabang, Dompet Dhuafa berhasil mengoptimalkan kepercayaan dana publik sebesar Rp 2,66 triliun.

Perhitungannya alokasi penyaluran 90 persen dan penerima manfaat mencapai 19,3 juta jiwa. “Diharapkan dari adanya 200 zona layanan, Dompet Dhuafa bisa menebar keberkahan lebih luas lagi,” ujar Nasyith menambahkan.

Terhitung sejak 2018, jumlah orang miskin yang tercatat sebanyak 27 juta jiwa. Nasyith menyebut dengan bantuan teknologi informasi di era 4.0 ini, Dompet Dhuafa yakin akan banyak orang yang ingin terlibat dalam kebaikan.

“Memang harus melibatkan banyak pihak untuk mengentaskan kemiskinan ini. Sekarang ini kan zaman keterhubungan, maka digitalisasi menjadi penting jnguk menguatkan kanal penghimpunan,” jelasnya.

Foto Beb - Luaskan jaringan layanan, Dompet Dhuafa buka cabang di Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Kepulauan Riau

Foto Beb – Luaskan jaringan layanan, Dompet Dhuafa buka cabang di Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Kepulauan Riau

Hadirnya 200 zona layanan baru, Dompet Dhuafa berharap mekanisme perluasan dapat berlangsung secara periodik setiap tahun. Dompet Dhuafa seakan membawa semangat besar value untuk tumbuh besar.

“Adanya perluasan Zona Layanan, Dompet Dhuafa berharap ada dampak signifikan. Intervensi yang ada saat ini saja sudah dapat kita hitung berapa dampaknya terhadap permasalahan kemiskinan,” beber Nasyith.

“Bergabungnya banyak lembaga dalam jaringan kerja sama, kita bisa lebih awal mendesain tema atau isu apa yang akan kita intervensi berdasar perencanaan. Kemudian hasilnya menjadi lebih signifikan terselesaikan dan resource-nya lebih banyak. Kami optimis dapat meningkatkan capaian penghimpunan maupun perluasan program layanan kepada masyarakat di atas rata-rata,” pungkas Nasyith. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top