Trending | News | Daerah | Covid-19

Pendidikan

Dosen Pendidikan Ekonomi FE UNP Tingkatkan Kompetensi Guru MGMP

Dibaca : 141

Padang, Prokabar – Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNP melakukan pengabdian pada masyarakat dengan memberikan pelatihan, workshop bagi 20 orang guru-guru MGMP Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Propinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di Labor Komputer Fakultas Ekonomi UNP, baru-baru ini.

Kegiatan pengabdian ini dengan tema “Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru MGMP Bisnis Daring dan Pemasaran Provinsi Sumatera Barat melalui Pelatihan Menggunakan Web-Blog”.

Ketua kegiatan pengabdian masyarakat ini, Rose Rahmidani, didampingi anggotanya Armiati, dan Syukhri menyatakan kegiatan pengabdian ini merupakan, kegiatan tahunan yang didanai PNBP UNP tahun 2020 melalui seleksi proposal yang ketat.

“Selain itu kegiatan ini juga sebagai follow up bentuk respon perguruan tinggi atas kebutuhan mendesak guru-guru jurusan bisnis daring dan pemasaran yang ada di Sumatera Barat khususnya pada mata pelajaran pemasaran Online sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas guru sehingga dapat meningkatkan kompetensinya dan menjadi guru profesional,” katanya.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya meningkatkan kemampuan hardskill guru-guru MGMP Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Sumatera Barat dalam merancang pembuatan website dan blog.

Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah menyampaikan materi yang bersifat teoritis tentang pemasaran Online dan memasarkan produk menggunakan website dan Blog, memberikan latihan dan bimbingan individual terkait dengan pengimplementasian atau praktek membuat Website dan Blog serta pemberian tugas yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta.

Pada kegiatan ini dihadirkan nara sumber yang merupakan pakar dibidang Teknologi Informasi yaitu Syukhri, yang merupakan staff pengajar pada jurusan Teknik Elektronika UNP.

Ketua MGMP Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Sumatera Barat, Hasnul Rizki, menyampaikan sangat mensupport dan memberikan apresiasi karena dengan adanya kegiatan ini dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru terkait dengan meningkatkan kompetensi guru-guru jurusan bisnis daring dan pemasaran untuk menguasai materi pemasaran Online sehingga mampu mengajarkannya kepada siswa dan berharap kedepannya kegiatan seperti ini dengan tema yang berbeda terus dilaksanakan.

Tim PKM berharap setelah mendapatkan pelatihan, kedepannya para peserta kegiatan PKM bersedia dan komit menerapkan ilmunya di dalam pembelajaran, seperti pepatah minangkabau yang berbunyi “Hapa Kaji Dek Di Ulang, Hapa Jalan Dek Di Tampuah”.

Komitmen guru untuk melaksanakan keterampilan yang telah diperoleh sangat penting, sehingga guru mata pelajaran dan sekolah dapat menggunakan website yang telah di buat ini secara aktif terutama di gunakan dalam bisnis dan mampu mengajarkannya kepada siswa karena jika tidak maka akan sia-sia kegiatan PKM yang sudah dilaksanakan.(mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top