Pendidikan

IAIN Batusangkar Segera Menjadi Univerisitas

Dibaca : 308

Tanah Datar, Prokabar – Tim Visitasi Kementerian Agama Republik Indonesia menyatakan jika IAIN Batusangkar telah dinyatakan layak untuk bertransformasi menjadi universitas.

Pihaknya juga akan sesegera mungkin mengajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN-RB) dengan terpenuhinya PMA No. 20 Th 2020.

“Artinya IAIN Batusangkar segera kita ajukan dan harapan kita bersama dalam waktu dekat ini akan ada visitasi dari MenPAN-RB secepatnya,” H.M. Adib Abdushomad, Tim Visitasi kemenag RI.

Selain terpenuhinya syarat, IAIN Batusangkar juga sudah memiliki SDM yang memadai.

“Yang penting sakali Akreditasi jurusan/prodi IAIN Batusangkar hari ini sudah memiliki 7 Akreditasi A, ini artinya sudah layak sekali untuk jadi UIN,“ terangnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Batusangkar
Marjoni Imamora, menympaikan perubahan ke UIN Batusangkar adalah cita-cita kiat bersama warga Tanah Datar, terkhusus warga IAIN Batusangkar.

Sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, IAIN Batusangkar harus bisa mengatisipasi dan mengakomodir perubahan serta tuntutan masyarakat dengan bertranformasi menjadi UIN Batusangkar.

“Kenapa Tranformasi IAIN Batusangkar menjadi UIN perlu dilakukan, yakni Aspek Filosofi keilmuan yang Integrasi dan Interkoneksi, aspek pragmatis yaitu terjadinya perubahan, tuntutan, dan kebutuhan masyarakat dan aspek filosofi kearifan lokal. ini semua merupakan gambaran bangkitnya kembali simbol budaya Minangkabau yakni surau,” ujar Rektor.

AdapunTim Visitasi kemenag RI yang datang diantaranya kepala Biro Hukum Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Dr. Mudhofir, M.Si. H.M. Adib Abdushomad, M.Ag, M.Ed., Ph.D, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Dir. PTKI Lelis Tsuraya, M.Si dan lulu’atun Nasihah, S.Pd JFT Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dir. PTKI. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top