Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Dewan Pimpinan Pusat HWK Gelar Mahakarya Randai WE’ E Si Pono, Karya Sastri Bakry

Dibaca : 215

Jakarta, Prokabar — DPP HWK bidang seni budaya akan menggelar pertunjukkan Mahakarya Randai di Pusat Perfileman Usmar Ismail, Kuningan Jakarta.

Menurut ketua Penyelenggara Enita Lakshmi yang didampingi Manager pertunjukkan Kurniawati, Mahakarya Randai ini berkisah tentang Syekh Burhanuddin, penyebar Islam di Sumatra Barat.

Randai  adalah seni tradisi Minangkabau tentang kaba/ kisah yang dikemas dalam  unsur tari, dendang, silat dan teater.

Nasrul Abit Indra Catri

“Karena itu kami perempuan2 HWK merasa bertanggung jawab menyebarkan nilai2 akhlakul kharimah bagi generasi mileneal di tengah derasnya persaingan global” ungkapnya.

Sebelum pertunjukkan di pagi hari akan ada pameran dan bazaar UKM, kuliner khas Minang,  talkshow (ota lapau tentang nilai-nilai perjuangan Syekh Burhanuddin) dan fashion show pakaian Minang.

“Pertunjukkan randai membawa pesan moral Islam yang rahmatan lil alamiin. Mendekati generasi mileneal tidak bisa dengan menggurui tetapi dengan senibudaya dan pendekatan santun sebagaimana Syekh Menyebarkan Islam di Ranah Minang” sambungnya.

Nilai-nilai Syekh yang disampaikan dalam  pertunjukkan adalah Adab yang tinggi lebih mulia dari ilmu yang tinggi.

Mahakarya  randai ini didukung oleh lebih kurang 40 pemain dari Sumbar Talenta Indonesia, Gemumi , MMC dan randai IPB Bogor.

“Uniknya, mereka berdomisili di Padang, Payakumbuh, Padang Panjang, BatuSangkar, Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi. Hanya tekad dan kebersamaanlah yang membuat kami bersatu atas kesadaran dan cinta kampung, senasib sepenanggungan di perantauan” Ujar Kurniawati, mileneal aktif yang berada di rantau.

“Latihan parsial pun dilakukan masing2 dan disatukan lewat teknologi,WA  dan video, semoga pada tanggal 7 maret betul2 bersatu dalam panggung besar di pusat perfileman Usmar Infonesia” tambah Enita yang juga sekjen DPP HWK.

Artis legendaris Elly Kasim dan artis Multitalented Dorce Gamalama dan artis Mileneal Fanny Talenta dan Tata Talenta akan ikut berdendang untuk penonton.

Sutradara Jose Rizal Manua dan Joharsen akan mengatur pertunjukkan ini dengan menggerakkan pemain2 muda seperti Fedri Talenta sebagai Syekh Burhanuddin, Endru MMC sebagi Syekh Abdul Arief dan Novi Talenta sebagai Syekh Abdul Rauf As Singkili dari Aceh dan musisi hebat Agung Talenta, Rio Talenta dan koreografer berbakat Manday dan Agus Gemumi, serta David Talenta. Berharap masyarakat Minang di rantau dan kampung bersedia menyediakan waktu untuk menontonnya. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top