Peristiwa

Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga

Tanah Datar, Prokabar – Aneh tapi nyata. Bungai bangkai yang kerap tumbuh di dalam hutan, kini malah ditemukan di pekarangan rumah warga. Bunga tersebut tumbuh di pekarangan rumah Ningsih warga Nagari Limo Kaum, Jorong Balai Labuah Bawah, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Ningsih mengaku, tak menyangka bahwa bunga bewarna hitam dengan bentuk tak berpola tersebut adalah Bunga langka. warga sekitar yang berdatangan ke rumahnya kemudian menyatakan jika bunga tersebut adalah Bunga Bangkai.

“Setiap pagi saya menyapu perkarangan rumah, tak menyangka di balik dedaunan saya menemukan sebuah benda asing sebesar kepalan tangan orang dewasa, beberapa hari selanjutnya benda itu tumbuh besar hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap,” ujar Ibu tiga anak ini

Saat ini bunga tersebut dibiarkan tumbuh dan dipagari sekelilingnya mengunakan bambu. Pemilik rumah pun mengijinkan bagi siapa saja yang datang untuk melihat Bunga tersebut secara langsung.

“Tak menutup kemungkin nantinya orang-orang bakal berdatangan untuk melihat bunga langka ini selagi bisa menjaga tanpa merusak kelangsungan hidup Bunga Bangkai ini, tentu kami ijinkan,” ujarnya.

Bunga dengan bahasa latin Amorphophallus titanum memang pernah tumbuh subur pada tahun 2012, dan tak jauh dari lokasi saat ini.

“Tak cuma disini saja, beberapa tahun lalu juga pernah tumbuh bunga serupa di sekitar sini,” tambahnya.

Tumbuhnya bunga bangkai tersebut di pekarangan rumahnya dianggap Ningsih cukup unik, karena bunga bangkai tersebut tumbuh bersamaan dengan tanaman lainya.

“Unik serta tak biasa, bunga bangkai tumbuh subur disini, cukup bau sih,” ucapnya. (eym)  

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top