Ekonomi

BI Luncurkan Gerbang Pembayaran Nasional di Padang

Padang, Prokabar – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang merupakan sistem pembayaran dengan menyatukan berbagai kanal menjadi satu diluncurkan di Padang pada Minggu oleh Bank Indonesia perwakilan Sumbar.

Kepala BI Perwakilan Sumbar Endy Dwi Tjahjono menyampaikan dengan menggunakan kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional masyarakat dapat bertransaksi dimana pun dan tidak perlu memiliki banyak kartu sehingga lebih efisien.

Ia menyampaikan pada 2018 target awal sebanyak 30 persen masyarakat sudah memiliki kartu debit berlogo GPN dan pada 2022 semua warga minimal memiliki satu kartu GPN.

“Dengan kartu berlogo GPN juga lebih murah dan perbankan tidak perlu menyiapkan infrastruktur terlalu banyak,” kata dia.

Ia mengimbau masyarakat untuk segera menukarkan kartu ke bank dengan yang berlogo GPN.

“Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) diharapkan menjadi solusi atas kelemahan sistem pembayaran di Indonesia,” katanya.

Menurut dia kondisi sistem pembayaran di Indonesia saat ini infrastrukturnya masih beragam dan terfragmentasi.

“Misalnya untuk pembayaran jalan tol hanya bisa menggunakan uang elektronik dari bank tertentu,” kata dia.

Selain itu tidak semua kartu dapat diproses di mesin EDC sehingga dinilai tidak efisien.

Pada sisi lain ia melihat industri jasa keuangan cenderung eksklusif karena banyak kartu namun tidak bisa saling memproses atau menjadi instrumen pembayaran ritel pihak lain.

Kondisi ini menurutnya diperparah dengan biaya transaksi pembayaran merchant discount rate (MDR) yang tinggi, pada kisaran 1,6 sampai 2,2 persen.

Ia berharap melalui GPN sistem pembayaran Indonesia ke depan mencakup semua layanan, lebih inklusif, mudah, efisien dan terjaga keamanannya.

“GPN hadir untuk mewujudkan sistem pembayaran yang aman, memenuhi kebutuhan masyarakat dan yang terpenting adalah menciptakan sistem pembayaran interkoneksi,” ujarnya.

Ia menambahkan dengan hadirnya GPN juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian secara keseluruhan. (*/mbb)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top