Opini

Benarkah Server KPU Diserang?

Anton Hilman – Pengamat IT

Oleh : Anton Hilman – Pengamat IT

Saya masih menahan diri gak ikut mengomentari soal server KPU ini. Tapi saya lihat hoax nya sudah masif sekali dan sudah menjalar kemana-mana, bahkan bisa dikatakan sudah menggila, kalau tak mau disebut gokil. Yang menyebarkan juga biasanya ibu-ibu yang sangat bisa saya maklumi, atau bukan orang-orang IT. itu biasa bahkan tugas moral kita menjelaskan bukan menertawakan. kita maklumi berarti dia peduli. Dan peduli itu bagus.

Soal serangan hacker ke server KPU, jangan kan sekarang, masa pemilu waktu tidak ada pemilu pun, server KPU selalu diserang orang yang ingin mendeface/ganti tampilan, mengubah isi web, dll dengan berbagai tujuan tentunya. Bahkan saat detik tulisan inipun dibuat banyak sekali server web diserang hacker di Indonesia dan dunia, baik oleh pemula, yang pro, sendiri, tim, dalam negri, luar negri, dan berbagai sasaran. Yang banyak tentu website/server pemerintah/negara, toko online, perusahaan dan organisasi.

Jadi kalau ada yang menyebarkan isu server KPU diserang hacker, itu benar saja dan ini hal biasa saja. Server apapun diserang, termasuk DPR/ presiden/ google/ yahoo/ instagram/ Israel dan jutaan server web lainnya.

Terjadi setiap hari, 24 jam ke web apapun, bahkan blog pribadi sayapun tak luput dari upaya hacking, apa tujuannya coba, menghack blog pribadi orang biasa.

Kalau ada yang menyebarkan sedang bertempur dengan hacker yang menyerang server KPU apalagi ada tambahan kata-kata ada port yg bocor, ini jelas sekali MENGIGAU. saya tidak dapat membayangkan seperti apa gelak tawa kangkawan IT melihat hal ini. ini #HOAX jangan disebarkan ya.

Server KPU itu tidak seperti rumah yang kita bisa berdiri di luar pagar sama-sama untuk melindungi dari serangan perampok. Kita bisa membantu dengan mencocokan foto formulir C1 di TPS masing-masing dengan jumlah angka yang tertera. Ini baru membantu/ mengawal Situng KPU. Hacker membantu dengan cara mencari kelemahan server dan melaporkan ke pengelola.

Lagian situng di website KPU hanya pendukung.  Acuannya tetap hitung manual KPU. Andaipun hacker bisa masuk, dia hanya bisa mengubah angka, bukankah setiap angka ada foto C1 nya. Tugas kita nanti kalau beda foto scan c1 dengan angka tertera untuk melaporkan/komplain dll.

Jadi sekali lagi kalau ada yang menyebarkan “saya sudah masuk server KPU sedang melindungi dari blal bla bla” abaikan saja. itu sudah pasti #HOAX! abaikan saja. Lucunya bahkan ada yang melampirkan foto tampilan billing warnet lalu mengatakan sedang perang cyber. 😁😄🤣😆

Akhir kata yang terbaik adalah sabar, berdoa semoga jagoannya menang. Sabar menunggu hasil realcount KPU, realcount timses atau hitungan manual KPU. Kawal dengan cara cek TPS masing-masing apakah datanya sama dengan angka tertera.

mohon maaf kalau ada yg salah 🙏 wassalam

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top