Peristiwa

Balimau. Hati-hati, Nanti Hanyut Bro

Padang, Prokabar – Tiba-tiba hujan bisa turun dan air sungai besar, deras lalu menghanyutkan apa saja, termasuk mereka yang sedang balimau. Waspadalah.

Soal kemungkinan buruk itu diingatkan BMKG Padang. “Masyarakat harus berhati-hati ketika berada di sungai karena ada potensi hujan di beberapa daerah,” kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman, Budi Samiadji dihubungi dari Padang, Selasa.

Masyarakat di beberapa wilayah Sumatera Barat yang melakukan “balimau” atau tradisi mandi menyucikan diri menyambut Ramadhan. Tradisi ini akarnya jauh ke belakang.

Balimau sehari sebelum Ramadhan. Niatnya baik namun kadang di lapangan jadi agak menyimpang karena berkulindan dengan dunia remaja.

Budi Samiadji menyebutkan beberapa daerah yang berpotensi hujan sekitar 15-16 Mei 2018, yakni  Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Kabupaten Solok.

Menurutnya potensi hujan sedang hingga lebat tersebut dapat disertai petir dan kilat pada siang sampai sore hari. Pagi hingga siang diperkirakan berawan.

“Untuk itu kami mengingatkan masyarakat yang mandi-mandi di sungai agar mewaspadai hal tersebut dan segera keluar dari sungai jika hujan turun,” katanya. (*/rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top