Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Internasional

Akhirnya, Perempuan Di Saudi Punya SIM

Riyadh, Prokabar — Pemerintah Arab Saudi akhirnya menerbitkan surat izin mengemudi (SIM) bagi perempuan untuk pertama kalinya pada awal pekan ini. 

Kerajaan Saudi akan mulai mengizinkan kaum hawa mengemudi setelah Raja Salman mencabut aturan larangan mengemudi bagi wanita yang telah berlaku selama beberapa dekade terakhir.

“Sebanyak 10 perempuan Saudi mencetak sejarah awal pekan ini ketika mereka menerima Surat Izin Mengemudi. Diperkirakan akan ada 2.000 perempuan lainnya yang akan mendapat SIM dalam waktu dekat,” demikian pernyataan Kementerian Informasi Saudi, Selasa (5/6).

Dilansir dari laman Arab News, 10 perempuan yang sudah diberikan SIM, mereka menjalani tes mengemudi singkat dan uji mata sebelum diberikan SIM di kantor Direktorat Umum Lalu Lintas di Riyadh. 

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bahwa saya bisa menyetir kendaraan di Saudi,” tutur Rema Jawdat, salah satu wanita pertama yang menerima SIM, dikutip oleh CIC.

Jawdat adalah pegawai di Kementerian Keuangan dan Perencanaan Saudi. Selama ini, dia hanya bisa menyetir jika sedang berpelesir ke luar negeri, seperti Libanon dan Swiss.

“Mengemudi buat saya berarti pilihan yang menggambarkan kebebasan. Dan sekarang kami memiliki pilihan itu,” ucapnya.

Menurut Kementerian Informasi, sekitar 2.000 SIM akan segera dikeluarkan bagi perempuan sampai pekan depan. (*/hdp)

Baca Juga :

To Top