Pendidikan

Unand Peringkat 1 Nasional Universitas Terbanyak Buku Ber-ISBN

Dibaca : 331

Padang, Prokabar — Universitas Andalas memperoleh peringkat 1 nasional untuk universitas terbanyak dalam memproduksi buku Ber International Standard Book Number (ISBN)  dan peringkat 4 untuk universitas terbanyak Kekayaan Intelektual (KI) versi Science and Technology Index(SINTA).

Dilansir dari Unand.ac.id, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas, Dr. Uyung Gatot, S. Dinata membenarkan informasi tersebut dan juga menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan kepada Bapak dan Ibu Penulis Buku Unand yang sangat produktif luar biasa.

Lebih lanjut ia menjelaskan Tahun 2020  jumlah buku Ber-ISBN Unand meningkat signifikan dibandingkan pada tahun 2019.  Berdasarkan dashboard grafis lama website SINTA : https://sinta.ristekbrin.go.id/ per 4 Februari 2021 jumlah buku ber-ISBN yang dihasilkan Unand tahun 2020 sebanyak 682 judul. Jumlah ini meningkat tajam jika dibandingkan pada tahun 2019 berjumlah 289 judul. Ia menambahkan kinerja buku Unand ini sejalan dengan Kinerja Penelitian PT untuk indikator Buku.

Ketua LPPM dua periode ini juga mengatakan alhamdulillah untuk Kekayaan Intelektual (KI) tahun 2020 Universitas Andalas masuk ke dalam 4 besar nasional. Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak dan Ibu inventor dan pencipta karya yang juga sangat produktif luar biasa. Tahun 2020 lalu, jumlah KI yang dihasilkan sebanyak 1.002 judul. Tahun 2019 sebelumnya dihasilkan 610 judul.

“Kinerja KI Unand ini sejalan dengan dua Kinerja Unand yaitu kinerja penelitian dan kinerja pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi untuk indikator kekayaan intelektual. Khusus untuk KI paten akan meningkatkan dua kinerja lainnya yaitu kinerja paten per dosen dan kinerja inovasi perguruan tinggi Unand”jelasnya.

Ia mengatakan keseluruhan kinerja penelitian, kinerja pengabdian, kinerja paten, dan kinerja inovasi tersebut perlu untuk dirawat dan ditingkatkan bersama untuk mendukung pemeringkatan reputasi klasterisasi perguruan tinggi Unand serta mendukung kebermanfaatan luaran perguruan tinggi bagi masyarakat dan nasional. (*)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top