Bola

AFC Cup 2013: Semen Padang FC dan Kisah yang tak Sempurna

Dibaca : 4.3K

Oleh: Rizal Marajo
(Wartawan Utama)

Semen Padang membutuhkan waktu 20 tahun untuk kembali berkiprah di kompetisi Asia. Setelah mencapai babak perempatfinal Piala Winners Asia 1993, tahun 2013 “kabau sirah” kembali ke pentas Asia. Namun, comeback Asia ini tak ubahnya sebuah kisah yang tak sempurna.

Keberhasilan menjuarai Indonesia Premier League (IPL) 2011/2012, membuat Semen Padang FC berhak mewakili Indonesia ke Piala AFC. IPL adalah kompetisi yang diakui AFC ditengah kisruh dan dualisme di federasi sepakbola Indonesia saat itu.

Semen Padang sebagai klub yang konsisten memilih jalur legal, memutuskan berkompetisi di jalur IPL, meninggalkan glamour Liga Super Indonesia. Namun pilihan itu berbuah manis, yang membawa Semen Padang kembali ke Asia setelah 20 tahun.

Kiprah kedua Semen Padang di Asia memang sangat mengesankan dibawah pelatih Jafri Sastra, walaupun secara teknisnya Suhatman Imam yang menjadi leader tim. Terlepas dari hal itu, Semen Padang memang sangat serius menghadapi gengsi kompetisi Asia.

Materi pemain yang disiapkan saat itu sungguh berkelas. Bahkan boleh dikatakan sebagai salah satu tim terbaik yang dimiliki Semen Padang. Gambaran sangar-nya Staring XI Semen Padang terlihat seperti ini.

Kiper Jandia Eka Putra, Hengki Ardiles dan Novan Setya mengisi bek sayap mengapit dua center bek David Pagbe dan Wahyu Wijiastanto. Ellie Aiboy winger kanan dan Esteban Vizcarra mengisi wing kiri. Duo gelandang sehati, Yu Hyun-koo dan Vendry Mofu bertugas di lini tengah. Di depan, duet Titus Bonai dan Edward Wilson Junior bertugas menjebol gawang Lawan.

Sungguh berkelas, ditambah pemain pengganti yang juga cukup mentereng, seperti M. Nur Iskandar, Saefullah Maulana, Ricky Ohorella, Hendra bayauw, Fakhrurrazi Quba, Rudi, dan lain sebagainya.

Dalam fase grup AFC Cup 2013, Semen Padang tergabung di Grup E bersama Kitchee FC (Hongkong), FC Warriors (Singapura), dan Churchill Brothers (India). Luar biasa, Semen Padang tak terkalahkan di fase grup. Lima kali menang dan sekali imbang, membuat Ellie Aiboy Cs tampil sebagai juara Grup.

Halaman : 1 2 3

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top