Artikel

​Nikmatnya Tarawih di Masjid Jabal Rahmah

Dibaca : 8.8K

Padang, Prokabar. Lepas berbuka puasa, azan Isya menggema di seantero negeri. Kumandang azan mengundang umat untuk mendirikan Qiyamul Lail. Lalu kemana anda Shalat Isya dan Tarawih?
Di Jalan Bypass Kota Padang, ada sebuah masjid megah. Berada di komplek Universitas Baiturahmah. Dari luar masjid ini sangat indah, dicat putih hingga menara yang tingginya puluhan meter. Malam apalagi, lampu berwarna hijau menghiasi seluruh sisi masjid. Indah.

Masjid Jabal Rahmah

Masjid Jabal Rahmah nan megah ini baru digunakan untuk Shalat Tarawih Bulan Ramadhan ini. 
Jamaah tarawih tidak hanya warga sekitar, tapi datang dari banyak tempat di Kota Padang. Sebagian masyarakat datang ke masjid ini untuk menikmati kekhusukan ibadah di masjid dengan interior unik ini. “Luarnya megah, dalamnya indah dan nyaman,” kata Alfi, warga Lubuk Buaya.

Interior Masjid Jabal Rahmah

Lalu apalagi? Ini yang unik. Di masjid Jabal Rahmah tidak ada ceramah agama setelah Shalat Isya. Tapi langsung dilanjutkan dengan Shalat Tarwih. Tarwih di sini berjumlah 23 rakaat. Satu malam imam membaca satu juz Al Quran.
Imam yang memimpin shalat ada dua orang, keduanya Hafal Al Quran 30 juz, atau Hafiz. Imam tersebut memimpin shalat secara bergantian, setelah rakaat ke 10, imam bertukar. Keduanya punya suara yang syahdu dan sejuk, saat melafalkan ayat Al Quran.

“Tiga jam shalat tarawih tidak terasa, kita hanyut dengan bacaan Al Quran,” ujar Hamidi, warga Siteba. 

Tapi tidak semua jamaah yang sanggup melaksanakan 23 rakaat, ada yang sampai 8 rakaat saja. ” Malam ini 8 rakaat saja, anak saya susah mengantuk, besok Insya Allah 23,” kata Yahya sambil menggendong anaknya.

Masjid Jabal Rahmah Pada Malam Hari (Instagram)

Masjid Jabal Rahmah Pada Malam Hari (Instagram)

Pengurus masjid sengaja melaksanakan tarawih dengan menamatkan satu juz per malam. “Tarawih itu maknanya bersantai santai, karena itu kita ingin khusuk dan lama melaksanakan ibadah,” kata salah satu pengurus. 

Berdasarkan pengalaman tahun tahun sebelumnya, ada saja keajaiban yang terjadi. “Tahun lalu ada jamaah yang sembuh dari rematik setelah Ramadhan berakhir, padahal sebelumnya dia Shalat dengan cara duduk,” sambungnya. 

Sebelumnya Masjid Jabal Rahmah terletak di belakang komplek kampus Universitas Baiturrahmah.

Masjid megah, dengan ibadah tarawih maksimal. Kemana anda tarawih malam ini? (eda)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top