Ekonomi

Ade Rezki Pratama Apresiasi Pemko Payakumbuh Terus Turunkan Angka Stunting

Dibaca : 308

Payakumbuh, Prokabar – Anggota Komisi IX DPR-RI, Ade Rezki Pratama, mengapresiasi penanganan kasus stunting di Kota Payakumbuh yang terus menurun.

Bahkan, angka stunting di kota ini sudah berada di bawah rata-rata nasional.

Hal ini disampaikan Ade Rezki Pratama saat menghadiri Sosialisasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana bersama BKKBN Pusat di Aula Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, pada akhir pekan lalu.

“Kita apresiasi pencapaian yang dilakukan Pemerintah Kota Payakumbuh dengan semakin menurunnya angka stunting yang saat ini berada di bawah rata-rata nasional,” ucap Ade.

Ade mengatakan, stunting merupakan masalah serius yang harus ditangani bersama-sama.

Penyebab stunting bermacam-macam, mulai dari rumah tidak layak huni, gizi yang tidak cukup bagi ibu hamil, kurang darah, pola asuh anak, hingga ketersediaan air bersih.

“Stunting bukan saja menjadi persoalan di Indonesia, namun juga di negara lainnya di dunia,” kata Ade.

Untuk itu, Ade berharap semua pihak terus peduli untuk menekan angka stunting di Indonesia, khususnya di Kota Payakumbuh.

Ia menargetkan angka stunting di Kota Payakumbuh bisa turun sebanyak 3 persen setiap tahunnya.

Kepala Dinas P3PAP2KB Kota Payakumbuh, A.H. Agustion, mengatakan bahwa ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting sejak awal, yaitu asupan gizi yang baik, ibu hamil tidak kekurangan gizi, dan pemeriksaan calon pengantin.

“Perhatian terhadap stunting bisa dilakukan sejak 1000 hari pertama kehidupan,” kata Agustion.

Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana bersama BKKBN Pusat itu juga dihadiri Pimpinan Pusat BKKBN, Wahidin. (*/rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top