Opini

Nasionalisme dan Kebangkitan Bangsa Menuju Indonesia Sejahtera

Dibaca : 237

Oleh : Nevi Zuarina

Anggota DPR RI FPKS Dapil Sumbar II

Harian Umum Republika pada tahun 2021 silam menuliskan bahwa daya saing global Indonesia di pentas internasional berada di posisi lke 34 dari 144 negara di dunia berdasarkan rangking yang disusun oleh Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum). Dalam laporan yang disampaikan media harian terkemuka tersebut menyebutkan terjadi peningkatan daya saing global Indonesia sejak beberapa tahun sebelumnya.

Sebagaimana kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi untuk menjadi negara maju seperti halnya negara lain di kawasan Asia Tenggara dan Asia pada umumnya. Indonesia memiliki beberapa keunggulan yang bisa dipertaruhkan untuk bersaing dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura, Jepang dan bahkan Korea dalam mencapai indeks pertumbuhan ekonomi yang jauh lenbih baik dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju dan mampu bersaing dengan negara lainnya.

Tentu saja kita bersyukur atas kenaikan peringat tersebut. WEF mencatat terjadinya kenaikan itu disebabkan terjadinya peningkatan dan adanya perbaikan di beberapa kriteria seperti infrastruktur dan konektifitas, kualitas tata kelola sektor swasta dan publik, efisiensi pemerintahan, dan upaya pemberantasan korupsi. WEF mengelompokkan Indonesia sebagai lima besar ekonomi ASEAN bersama Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, yang terus memperbaiki peringkat daya saing mereka sejak tahun 2009.

Terdapat beberapa unsur-unsur yang mempengaruhi kemajuan yang dicapai oleh negara kita. Selain perbaikan pada sektor infrastruktur juga adanya upaya pemerintah yang terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mutu pendidikan.

Upaya kearah itu tentu juga berkaitan dengan peningkatan pengelolaan kekayaan alam yang tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat ini kita akan bisa menjadi negara maju dan bersaing dengan negara-negara lainnya.

Kita harus menyadari bahwa salah satu alasan yang membuat suatu bangsa dan negara dapat maju adalah adanya kemandirian dalam hal menentukan kebijakan kebijakan negaranya baik secara makro maupun mikro. Artinya adalah bahwa negara ini didaulat oleh negara kita sendiri,  tidak ada campur tangan dari kepentingan asing, tidak ada kepentingan kelompok maupun golongan.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top