Artikel

Menikmati Malam di Masjid At Thohir


Khairul Jasmi

Dibaca : 2.7K

“Wow bos klub bola,” kata Menteri BUMN Erick Thohir ketika saya salami. Yang bos klub tentu Erick. Saya adalah orang yang ia tugaskan untuk melihat-lihat klub bola Semen Padang, SPFC. Percakapan ini terjadi di teras Masjid At Thohir, Kamis (10/3) malam.

Begitulah, saat itu, malam jatuh sempurna pelataran masjid ini. Para anggota Forum Pemred baru saja selesai shalat Isya, diimami seorang pemuda bersuara merdu.

Masjid dengan langit-langit tinggi dan dominan warna putih itu, terletak di kawasan Cimanggis, Depok. Lantainya dari marmer itali.

“Bisa dibuka?” Menteri BUMN Erick Thohir, spontan berucap tatkala saya kesulitan membuka pintu besi jangkung, tinggi, berdaun dua. Pintu geser itu, saya dorong, manalah bisa dibuka.

Saya dan beberapa kawan dari Forum Pemred memang hadir di sini, sebelum magrib karena diundang oleh Garibaldi Boy Thohir dan Erick. Masjid tersebut, sehari sebelumnya diresmikan Presiden Jokowi.

Selesai Isya, kami beralih ke pelataran luas di depan masjid, yang dibatasi jalan yang lempang. Dari sini, film anisa pendek dipancarkan ke dinding depan masjid. Film itu berkisah tentang ayah Boy dan Erick.

“Masjid ini indah, serba putih, bergaya arsitektur klasik modern. Satu kubah besar dikelilingi 16 kubah kecil, dan diapit empat menara setinggi 40 meter. Masjid At-Thohir, yang berarti suci dan bersih, seluas 8 ribu meter, dua lantai, di areal 2,8 hektare dengan kapasitas 1.976 orang jamaah shalat,” tulis Asro Kamal Rokan, wartawan senior di FB-nya.

Dalam pengamatan Asro, posisi masjid strategis. Masuk dari gerbang kompleks Podomoro, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, masjid berada di sebelah kiri jalan Mochamad Thohir.

“Di seberang jalan, ada plaza dengan beberapa anak tangga. Di plaza ini, pada malam hari, masyarakat akan disuguhkan atraksi lampu warna warni dan pemutaran video dakwah dengan menggunakan masjid sebagai layar. Rencananya, atraksi akan ditampilkan pada setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu, setelah shalat Isya. Di sebelah plaza sedang dibangun parkir dan pusat kuliner,” kembali Asro menulis.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top