Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​Wapres JK di Pasar Atas, Pedagang Curhat

Dibaca : 751

Bukittinggi, Prokabar — Sehabis badai, datang pelagi. Habis terbakar, tiba Wapres Jusuf Kalla (JK). Orang nomor dia di Indonesia ini masuk ke area yang dilalap si lago merah.
Di Pasar Atas JK bilang pemerintah pusat akan turun tangan. Walikota Ramlan bilang relokasi akan dilakukan dengan baik. Sedang pedagang berharap bisa secepatnya kembali ke Pasar Atas. JK menyebut para ahli dari Unand dan pihak terkait akan meneliti bangunan yang terbakar.

Pada Sabtu (4/11) Wapres datang ke Padang guna meresmikan rumah sakit Unand. Setelah itu, ia meluncur ke Bukittinggi

Pasar Atas terbakar Senin awal pekan ini, lebih 1.000 kios terbakar. Ini kebakaran yang kesekian kali menderita pasar tradisional tersebut. 

Pasar Atas terletak di Bukit Kandang Kabau di dekat Jam Gadang. Pasar itu dibangun oleh orang Kurai dan menjadi pasar Agam Tuo, sebuah konsep teritorial adat di wilayah tersebut. 

Pesan Wapres

JK dan Ny. Mufidah Kalla menyampaikan dukacita yang dalam atas musibah tersebut Ia berharap korban kebakaran tabah serta kembali bangkit.

 JK memastikan pembangunan kembali Pasar Atas dengan  APBN, APBD  Sumbar, APBD  Bukittinggi dan support lainnya.

JK memastikan tidak akan ada pola kerjasama dengan investor, karena itu hanya akan memberatkan korban kebakaran untuk membelinya.

Penataan pasar yang baru harus memperhatikan estetika, fungsi, kenyamanan, keamanan. Dipertimbangkan untuk adanya lahan parkir di basement.

Semua langkah itu akan dikerjakan secara cepat oleh Pemko , Pemprov dan  didukung pemerintah pusat mengingat kebutuhan vital masyarakat denham terlebih dahulu membangun pasar penampungan sementara yang layak.

JK minta pemerintah agar mendengarkan masukan dari  pedagang yg menjadi korban kebakaran. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top