Peristiwa

​UKW Angkatan VII PWI Sukses

Padang, Prokabar- Sebanyak 22 dari 30 orang peserta uji kompetensi wartawan atau UKW dinyatakan kompeten. Acara yang dilaksanakan PWI Sumbar ini dimulai Jumat (12/1) dan ditutup Sabtu (23/1).

Ketua panitia pelaksana UKW Sawir Pribadi menyebutkan, total peserta 30 orang sebanyak 7 orang belum bisa diikutkan dalam UKW ini karena kuota peserta yang terbatas. Mereka akan dipanggil dalam UKW berikutnya.

Dari 30 peserta 17  kelompok wartawan muda, 6 wartawan madya dan 7 wartawan utama. Peserta 90 persen dari kabupaten kota di Sumbar.

Tim penguji yang didatangkan dari PWI Pusat adalah M.  Sihono, Djunaidi Djunti, Firdaus Komar, M. Saiban dan Khairul Jasmi. “Beruntung kita, sudah ada penguji UKW yang berasal dari wartawan Sumbar yaitu Pemimpin Redaksi Harian Singgalang Khairul Jasmi. Mudah mudahan ke depan bertumbuh penguji dari Sumbar,” kata Sekretaris Panitia Gusfen Khairul. 

Ketua Tim Penguji M. Sihono menyebutkan, wartawan yang lulus UKW hendaknya jangan besar kepala. Tetapi justru makin memperlihatkan kompetensi nya dalam aktifitas jurnalistik sehari hari. Sebaliknya bagi yang belum kompeten, ini bukanlah akhir dari karir jurnalistik.  Mari terus belajar dan meningkat kan kemampuan.

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengatakan, PWI selalu mengedepankan pendidikan terhadap anggota, termasuk rutin menyelenggarakan UKW. PWI Sumbar sudah yang ketujuh kali menyelenggarakan UKW dan yang pertama di Indonesia untuk tahun 2018 ini. 

Menurut Heranof Firdaus, bagi peserta UKW yang belum kompeten dapat mengulang kembali UKW pada kesempatan mendatang. “Penyelenggaraan UKW ini kita kerjasama kan dengan Polda Sumbar, sehingga kita dapat mensubsidi peserta hingga Rp1 juta per orang. Kedepan kita akan bisa bekerja sama dengan pihak-pihak lain seperti Semen Padang, Bank Nagari atau Pemkab,” ujar Heranof. (rls)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

To Top