Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​Satgas Saber Pungli Libatkan Generasi Muda Awasi Pelayanan Publik

Dibaca : 1.6K

Padang, Prokabar – Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) tidak main main membersihkan birokrasi dari praktik pungli. Lembaga yang dibentuk akhir tahun lalu ini, bergerak cepat, termasuk melakukan langkah pencegahan.
Satgas yang terdiri dari unsur  8 lembaga negara, salah satunya melakukan sosialiasi kepada generasi muda, khususnya mahasiswa. Kenapa mahasiswa? Karena mahasiswa punya kekuatan untuk membuat perubahan.

“Kota Padang menjadi kota kedua yang kami kunjungi untuk melakukan sosialisasi. Kami sengaja pilih segmen mahasiswa agar generasi muda bisa dirangkul,” jelas  Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli RI, Letkol CPM E Agustian.

Kegiatan sosialisasi ini akan digelar pada Hari Kamis (26/7/2017) di Hotel Basko Padang. Sosialisasi ini akan menghadirkan dua narasumber dari satgas Saber pungli RI, dan satu orang dari akademisi Fakuktas Hukum Unand.

Sementara itu, terkait dengan peran Satgas Saber Pungli di Sumbar, Agus mengapresiasi kinerja tim. ” Saber Pungli Sumbar sudah bergerak, baik dari Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan, maupun sosialiasi khususnya kepada ASN,” jelas Agus.

Dari segi penindakan, salah satu yang menjadi sorotan adalah Badan Pertanahan Nasional. BPN saat ini memiliki tugas berat yaitu mensertifikasi tanah dengan target jutaan hektar. “Peluang pungli besar disini, karena sertifikasi tanah sudah dibiayai APBN,” lanjut Agus yang juga bertugas di POM TNI. 

“Tidak tertutup kemungkinan, kami akan melakukan sidak ke kantor kantor pelayanan di Sumbar,” Pungkas Agus. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top