Artikel

​Ribuan Lapau Dibedah Refrizal

Dibaca : 889

Padang, Prokabar – Adakah anggota DPR yang membedah warung alias lapau di Indonesia? Bahkan jumlah lapau yang dibedah sudah mencapai 1.102 unit (per Februari 2018)

Refrizal anggota DPR asal Sumbarlah yang melalukannya. Angka 1.102 tidaklah kecil. Tiap kali reses ia fokus pada lapau. Dalam tradisi Minang, surau, lapau dan rantau adalah tiga institusi kuat dalam membentuk watak generasinya. Lapau adalah simpul informasi pedesaan.

Bagi Refrizal membantu orang per orang tentulah mustahil. Maka ia melihat lapau di nagari-nagari, di korong dan kampuang pada dasarnya tidak layak tetapi memungkinkan untuk berkembang. Modal kerja pemilik lapau pun ala kadarnya.

“Coba saja uji belanja 10 ribu kasih uang Rp100 ribu, pasti susah  mengumpulkan uang kembaliannya,” kata dia.

Karena itu, katanya, jika ingin ekonomi bergerak maka ekonomi rakyat harus diperbaiki. Lapau adalahsalah satu bentuknya.

Pada acara reses Jumat (23/2) di Kampuang Jawa 2, Pariaman Tengah hadir ratusan orang. Ia kemudian memberikan bantuan dana untuk bedah lapau.

“Kalau pulang Ajo ko, taruih mambantu, sero,” kata seorang warga.

Dalam pikiran Refrizal, lapau akan berkembang apabila pedagang lapau bersatu. Untuk itulah politisi senior ini mendirikan Koperasi Pedagang Lapau Sumatera Barat pada tahun 2015.

“Setelah ada koperasi, tentu pedagang lapau akan lebih mudah berkembang. Modal usaha juga akan mudah didapat. Nantinya kami akan bantu lapau untuk medapatkan modal usaha seperti kredit ultra mikro atau modal usaha dari PNM” ungkap politisi yang sudah 3 periode di DPR ini.

Kedepan, lapau-lapau ini akan dinaikkan kelasnya menjadi lapaumart berdasarkan potensi masing-masing lapau.

“Lapaumart ini seperti minimarket tetapi hanya menjual barang-barang yang berasal dari anggota koperasi pedagang lapau. Sehingga kearifan lokal dan produk khas lapau selama ini tidak terpinggirkan” pungkas Refrizal. (rls)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top