Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​Gempa Besar Meksiko Korban Minim, Kenapa?

Dibaca : 797

Jakarta, Prokabar – Gempa 8,1 SR yang mengguncang Mexico, membuat sejumlah bangunan roboh. Gempa itu adalah salah satu gempa terbesar di abad ini. Walaupun guncangannya hebat, korban jiwa minim. Hingga Sabtu (9/9/2017) korban jiwa tercatat 32 orang. Jumlah itu berkemungkinan masih bertambah karena petugas masih menyisir bangunan yang roboh.
Kenapa jumlah korban jiwa minim? Ternyata Mexico sudah menerapkan aturan ketat terkait bangunan aman gempa. Mexico belajar banyak dari gempa tahun 1985 silam. Sejak gempa itu terjadi aturan tentang struktur bangunan diperketat. Standar bangunan hampir sama dengan Jepang dan AS.

Di Mexico ada namanya gedung Torre Reforma, gedung tertinggi di Mexico City. Yang hebatnya, gedung itu diklaim tahan gempa dalam jangka waktu 2500 tahun ke depan. 

Bangunan dengan beton 3 sisi ini, membuat Torre Reforman menjadi bangunan ikonik. Perancang bangunan memadukan teknik arsitektur dengan visi keindahan, sehingga indah untuk dilihat sekaligus aman.

Bangunan yang berbentuk segitiga diklaim mampu menahan guncangan. Arsitek bangunan itu adalah Arup bekerjasama dengan Benjamin Romano Aquitect. Bangunan ini menjadi ikon gedung tahan gempa di Mexico. Sekaligus memberikan kabar ke dunia bahwa bangunan harus dibangun dengan konsep aman gempa. (laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top