Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​Dukung Warga Limau Manis Bangun Jalan, Semen Padang Bantu 1000 Zak Semen

Dibaca : 2.0K

Padang, Prokabar – Untuk mempercepat proses pembangunan jalan dari Bancah Koto Baru hingga ke Karang, Kelurahan Limau Manis Selatan, Nagari Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, PT Semen Padang melalui CSR perusahaan memberikan dukunga dalam bentuk bantuan  sebanyak 1.000 zak semen. 

Ketua Panitia Pembangunan Jalan dari Koto Baru ke Kasang, Syafrial Aras mengaku berterimakasih atas bantuan  dukungan Semen  Padang tersebut. Dengan bantuan tersebut, pembangunan jalan yang dilakukan oleh warga dengan bergotong royong, diharapkan cepat selesai.

“Alhamdulillah, berkat bantuan dari Semen Padang ini,  pembangunan jalan  sepanjang 3,2 kilometer itu bisa cepat terwujud. Dengan demikian diharapkan  dapat membantu  akses masyarakat Koto Baru, terutama para peladang yang menggarap lahan di kawasan Karang,” kata Syahfril Aras, Senin (19/2/2018).

Proyek Jalan Bancah Koto Baru ke Karang itu, sebutnya, berawal dari inisiatif masyarakat peladang di Karang, dan itu dilakukan karena selama ini masyarakat yang membawa hasil ladangnya ke pasar kesulitan melewati akses jalan yang berbatu dan belubang.

“Berawal dari inisiatif inilah kemudian kami mengumpulkan uang untuk membeli semen. Setelah uang terkumpul, kemudian kami beli semen sebanyak 110 zak. Untuk pasir, dibantu pengusaha telur ayam di Koto Baru. Kemudian kami goro setiap minggu,” ujarnya.

Goro pembangunan jalan itu, lanjutnya, dilakukan sejak minggu kedua Januari. Selama goro berlangsung, seratusan masyarakat saling bahu membahu. Namun pada minggu kelima, tepatnya di minggu ketiga Februari, kebutuhan semen menipis, sehingga pihaknya didukung KAN Limau Manis, langsung mengajukan proposal ke Semen Padang.

Gayung pun bersambut. Pihak Semen Padang, sebut Syafrial, langsung meresponnya dengan pemberian bantuan semen sebanyak 1.000 zak. Bahkan Senin siang, pihaknya sudah menerima kertas Delivery Order (DO) sebanyak 200 zak semen dari Semen Padang.

“Untuk tahap awal ini sengaja kami minta 200 zak, karena tempat penampungan semen di tempat kami untuk 1.000 zak semen tidak ada. Minggu besok, kami kembali goro bersama dengan jumlah masyarakat yang jauh lebih banyak, karena kami juga undang pihak KAN, dan kelurahan,” bebernya.

Syafrial juga membeberkan progres pembangunan Jalan Bancah Koto Baru ke Karang yang telah dilakukan selama lima minggu pengerjaan. Sejauh ini, katanya, sudah sekitar 500 meter yang selesai dicor dan itu baru satu jalur, yaitu bagian kanan arah ke Karang dengan lebar 80 sentimeter. 

“Jalan yang kami cor itu dua jalur. Masing-masing jalur lebarnya 80 sentimeter dan di tengahnya hanya kerikil. Ini kami lakukan karena untuk mengefisiensikan pengerjaan, yang penting bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat,” tuturnya.

“Ini baru tahap awal, karena pembangunannya dilakukan dengan cara swadaya masyarakat. Kalau semuanya dicor, tentu kami berharap Pemko Padang yang mengerjakannya,” tutur Syafrial.

Ketua KAN Limau Manis, Syarifuddin Datuk Bungsu, menyebut dengan adanya bantuan dari Semen Padang, maka semangat warga untuk bergotong royong memperbaiki jalan ke Karang semakin meningkat. 

“Bahkan begitu semangatnya, pada gotong royong yang akan diadakan minggu depan, warga saya akan makan bersama, dan itu merupakan bukti bahwa mereka sangat senang sekali dengan bantian yang diberikan Semen Padang,” ujarnya. 

Ia juga berharap, pembangunan jalan ke Karang selesai dikerjakan, maka akses pedagang untuk menjual hasil ladangnya ke pasaran menjadi mudah, begitu juga dengan pedagang pengumpul yang bisa langsung datang ke Karang untuk menjemput hasil ladang masyarakat. 

“Selama ini, kalau pedang pengumpul membeli hasil ladang masyarakat di Karang, kebanyakkan pedagang pengumpul tersebut, selalu menekan harga ke peladang dengan alasan biaya transportasi ke Karang mahal, karena aksesnya sulit dilewati kendaraan. Jadi ke depan, tak ada lagi yang seperti itu,” ungkapnya. 

Syarifuddin menyampaikan  terimakasih kepada PT Semen Padang, karena sudah tak terhitung lagi bantuan untuk masyarakat Limau Manis. 

“Apa pun yang kami minta selalu dibantu. Mudah-mudahan, Semen Padang terus sukses dan maju, serta berkembang bersama masyarakat. Kami akan selalu mendoakan yang terbaik untuk Semen Padang,” bebernya.

Terkait dengan bantuan semen sebanyak 1.000 zak tersebut, Kepala Biro CSR Semen Padang Muhamad Ikrar menuturkan bahwa itu sudah menjadi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan, karena Kelurahan Limau Manis Selatan merupakan ring 1 perusahaan.

“Limau Manis Selatan itu lokasinya bersebelahan dengan Pabrik Indarung VI, dan tentunya sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, tentu kami merasa punya tanggung jawab sosial. Nah, salah satunya melalui bantuan semen tersebut,” ujarnya.

Ia menyebut pengecoran Jalan Bancah Koto Baru ke Karang, tidak hanya dapat mempermudah akses transportasi masyatakat, terutama peladang, tapi juga dapat mengembangkan potensi lainnya yang ada di Limau Manis Selatan. 

Seperti perikanan dalam hal ini budidaya lele misalnya. 

Dengan dibangunnya jalan tersebut, maka usaha pembudidayaan ikan lele bisa lebih dikembangkan lagi, begitu juga dengan pariwisata, karena di Limau Manis Selatan ada objek wisata air terjun. 

“Selama ini kawasan wisata air terjun itu mungkin sulit ditempuh kendaraan. Jika jalannya selesai, maka akses pengunjung atau wisatawan ke air terjun akan mudah. Namun yang terpenting bagi kami, pembangunan jalan itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya. (rls)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top