Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​Benarkah Aidit Orang Minang?

Dibaca : 9.6K

Padang, Prokabar – Dipa Nusantara Aidit atau yang dikenal sebagai DN Aidit tokoh central PKI, benarkah orang Minang?
“Ibu Minang, Maninjau,” kata anak Aidit, Ilham Adit menjawab Karni Ilyas dalam acara ILC, dengan tema, PKI Hantu atau Nyata?

” Saya sudah lama dengar Aidit orang Maninjau tapi tidaknada referensi soal itu,” kata Rasmanur seorang warga di Padang, tadi.

Karena anak kandungnya yang berkata maka jelaslah kini. Menurut si anak, neneknya dari Maninjau. Sedang ayahnya asli Belitung.

Ini berbeda dengan apa.yang ditulis adik Adit, Subron Aidit.

Dalam berjudul Aidit Abang, Sahabat dan Guru Masa Pergolakan itu, nama kakaknya yang benar Achmad Aidit tapi kemudian atas seizin ayahnya nama itu diganti dan disahkan pengadilan menjadi Dipa Nusantara Aidit.

Menurut dia DN bukan Dja’far. Sementara anak anak Aidit, Ilham Aidit justru yang benar Dja’far Nawawi. Ia juga menyebut kakeknya seorang Masyumi tapi Subron membantah hal itu dalam bukunya yang terbit 2003 tersebut. Penerbitnya Nuansa Cendikia  Bandung.

Mana yang benar? Adik kandung Aidit atau anak kandung Aidit?

Ah biarlah yang jelas jangan lupa nobar film 30S PKI ya. Film ini adalah satu-satunya film yang jadi pegangan saat ini. PKI merupakan partai  hebat di zamannya. Dekat dengan Bung Karno. Partai ini anti Tuhan. Sejak 1948 partai ini sudah tidak beres karena membantai ulama NU. Kemudian ajaran partai terlarang itu masuk ke berbagai lini. Puncaknya para jenderal berkuasa dibantainya dan jenazahnya dimasukkan sumur di Lubang Buaya.

Nah hati-hati dengan asutan PKI. (eda/laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top