Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​9 PERISTIWA PENTING DI BULAN RAMADHAN

Dibaca : 6.4K

6. Islam Masuk ke Yaman

Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-10 Hijriyah.

7. Pembebasan Andalusia (Spanyol)

Thariq bin Ziyad diperintahkan oleh Musa bin Nushair untuk membebaskan semenanjung Andalusia dari kekuasaan Raja Roderick. Maka ia berangkat bersama 7000 pasukan dengan kapal-kapal melintasi jarak 13mil.

Pada bulan Ramadhan 97H kaum muslimin mendarat di pantai karang Andalusia,dan dihadapkan dengan 25.000 pasukan Visigoth,sebuah kekuatan yang tidak seimbang dari segi jumlah. Namun hal ini biasa bagi kaum muslimin, bukankah dalam berbagai peperangan selalu kalah dalam jumlah. Yang mengejutkan lagi panglima Thariq bin Ziyad memerintahkan pasukannya untuk membakar semua kapalnya tanpa tersisa. Sebuah bentuk keberanian dan keyakinan yang hanya didasari oleh iman dan keyakinan akan pertolonngan Alloh.

Akhirnya kaum muslimin memenangkan pertempuran itu dan berhasil membebaskan Andalusia.

8. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Setelah kekalahan Jepang dalam perang melawan Sekutu, ditandai dengan dibom atomnya dua kota besar Hiroshima dan Nagasaki, para tokoh Indonesia menjadikan kesempatan ini untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Dipelopori oleh para tokoh pemuda, Bung Karno dan Bung Hatta diculik ke Rengasdengklok untuk dibujuk agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secepatnya. Maka pada malam itu juga Bung Karno merumuskan teks Proklamasi.

Maka pada tanggal 17 Agustus 1945, di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 jakarta (sekarang jalan Proklamasi) tepat pkl 10:00 WIB,hari Jum’at bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364H  Bung Karno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia didampingi Bung Hatta.


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top