Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​9 PERISTIWA PENTING DI BULAN RAMADHAN

Dibaca : 6.2K

3. Pembebasan Kota Mekah

Peristiwa dimana Rasulullah SAW berhasil membebaskan kota Mekah dari pengaruh kafir Quraisy dan menghancurkan berhala-berhala kaum Quraisy.

Peristiwa ini bermula dari sejak turunnya wahyu pertama kepada Nabi SAW di Gua Hira sekaligus pengangkatannya sebagai Rasul. Sejak saat itu kaum Quraisy menganggap bahwa ajaran yang dibawa Rasul merupakan ancaman  bagi tradisi nenek moyang mereka. Untuk itu mereka menghalangi setiap gerak-gerik Nabi sehingga ajaran beliau tidak menyebar luas. Puncaknya mereka melakukan boikot terhadap keluarga Nabi.

Menyadari gerakannya yang tidak mulus,Nabi dan para sahabat hijrah ke Yatsrib yang sekarang terkenal dengan Madinah karena masyarakat disana lebih menerima islam.

Di Madinah Nabi membangun masyarakat yang kokoh dari segi aqidah, sosial kemasyarakatan, sampai militer hingga pada akhirnya pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah, dan kemudian menguasai Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikit pun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka’bah.

4. Khalid bin Walid menghancurkan berhala Al-Uzza

Lima belas hari setelah penaklukan Mekah, Nabi memerintahkan Khalid bin Walid beserta 30 prajurit berkuda untuk menghancurkan  berhala terbesar kaum Quraisy dan bani Kinanah. Khalid bin Walid melaksanakan tugas itu dengan bergerak menuju ke Nakhla lalu menghancurkan patung al ‘Uzza. Setelah itu, penyembahan patung pun berakhir.

5. Penyerahan kota Thaif

Sebagaimana kita ketahui pada awal dakwah islam , Nabi mendapat sambutan tidak ramah oleh penduduk Thaif. Disana beliau dilempari dengan batu hinggga berdarah-darah. Rasulullah tetap tabah dan ikhlas. Tak henti-hentinya beliau mendo’akan  kebaikan untuk mereka.

“Ya Allah, berilah kaumku petunjuk. Karena sesungguhnya mereka tidak tahu.”

Setelah beliau dan umat Islam berhasil membebaskan Makkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad.

Nabi muhammad dan tentara Islam lalu maju ke Thaif dan mengepungnya dalam waktu lama. Akhirnya pada bulan Ramadhan tahun kesembilan Hijriyah, mereka datang ke madinah dan menyatakan diri memeluk Islam.


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top