Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

​9 PERISTIWA PENTING DI BULAN RAMADHAN

Dibaca : 6.0K

Bulan Ramadhan sebagai bulan suci umat islam, memiliki banyak keutamaan didalamnya. Selain itu banyak peristiwa besar dari masa ke masa terjadi di bulan ramadhan.
Berikut ini beberapa peristiwa yang terjadi di bulan Ramadhan:

1. Bulan diturunkan Al-Qur’an

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)…” (QS Al Baqarah: 185)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan: “Allah SWT memuji Ramadan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-quran yang agung”. Sebagaimana Allah mengkhususkan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Alquran, sesungguhnya telah disebutkan oleh hadits bahwa pada bulan Ramadhan pula kitab Allah lainnya diturunkan kepada para Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.

Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya meriwayatkan: “Lembaran-lembaran (shuhuf) Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan malam Ramadan dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal enam Ramadan, dan kitab Injil diturunkan pada tanggal tiga belas Ramadan, sedang Alquran diturunkan pada tanggal dua puluh empat Ramadhan.” (HR. Ahmad dalam Musnad, dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah, no. 1575)

2. Peristiwa perang Badar

Pada hari Jumat 2 Ramadhan tahun ke-2H terjadi perang pertama dalam islam yang terkenal dengan nama perang Badar. Badar adalah sebuah tempat antara Mekah dan Madinah.

Nabi berangkat dengan kekuatan 313 prajurit terdiri atas kaum Muhajirin dan Anshar. Mush’ab ibn Umair tampil didepan membawa bendera putih. Di depan Nabi ada dua bendera lagi berwarna hitam. Satu disebut al-uqab (si elang) dipegang oleh Ali ibn Abi Thalib, satunya lagi dipegang Sa’ad ibn Mu’adz.

Sedang dari pihak musuh kaum Quraisy sebanyak  kurang lebih 1000 orang ikut serta dalam perang ini dan bersenjata lengkap. Dalam perang ini, tentara Islam memenangkan pertempuran dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan. Sisanya melarikan diri. Sedang dari pihak muslimin 14 orang gugur sebagai syuhada dan tak seorang pun tertawan.

Perang ini adalah suatu yang luar biasa ketika tentara Islam yang kurang jumlah, lemah dari sudut kelengkapan dan berpuasa dalam bulan Ramadan memenangkan pertempuran Perang Badar. Ini membuktikan puasa bukan penyebab umat Islam bersikap lemah dan malas sebaliknya berusaha demi mencapai keridhaan Allah. Orang yang berjuang demi mencapai keridhaan Allah pasti mencapai kemenangan yang dijanjikan.

“Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya” (QS Al-Imran:123)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top