Trending | News | Daerah | Covid-19

Peristiwa

​30 September Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang

Dibaca : 814

Padang, Prokabar  Tanggal 30 September 2009 pukul 17:16:09 WIB telah terjadi gempabumi tektonik yang mengguncang Sumatera Barat dan sekitarnya dengan kekuatan 7.9 SR dan berlokasi di 0.84 LS – 99.65 BT pada kedalaman 71 Km.
Guncangan gempabumi ini dirasakan di Padang dan Pariaman dengan intensitas VIII MMI bahkan guncangan gempa juga dirasakan sampai Singapura dan Jakarta dengan intensitas II MMI.

Gempa mengakibatkan setidaknya 1100 orang meninggal dan 2650 bangunan rumah rusak.

Guna mengenang kembali gempabumi dahsyat tersebut Pemerintah Kota Padang melalui BPBD Kota Padang memperingati delapan tahun mengenang gempa padang. Hadir dalam acara tersebut Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda , ketua DPRD kota Padang, BNPB, BPBD prov Sumbar, Kalaksa BPBD Kota Padang Dr Edy Hasmy, Basarnas Padang, Komunitas Kebencanaan Kota Padang para relawan dan keluarga korban gempabumi 30 September 2009.  

Kepala BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono mewakili BMKG Sumatera Barat. Juga ikut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Walikota Padang menyampaikan pentingnya mengenang kembali tragedi gempabumi yang telah memporak porandakan kota Padang untuk meningkatkan kewaspadaan.  karena kota Padang merupakan daerah yang rawan gempabumi, tsunami dan bencana lainnya.

Pada kesempatan tersebut Walikota Padang sekaligus  mencanangkan kota Padang menuju kota cerdas bencana dan menetapkan tanggal 30 September menjadi hari kesiapsigaan untuk wilayah kota Padang.

Acara ditutup dengan doa dan meletakkan bunga di monumen Gempabumi 30 September 2009. (rls)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top