Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

XL Axiata Salurkan 56 Ribu Paket Internet Gratis Bagi Pelajar Madrasah di Bengkulu

Dibaca : 149

Bengkulu, Prokabar — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus menyalurkan paket internet gratis untuk pelajar dan guru madrasah di berbagai daerah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di Provinsi Bengkulu, XL Axiata bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyalurkan 56 ribu paket  melalui lebih dari 255 madrasah di seluruh Bengkulu.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Territory Sales Manager XL Axiata area Bengkulu, Zuhdianto kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu,  Drs. H. Zahdi Taher, M.Hi di Madrasah Aliyah Negri 2 Kota Bengkulu, Kamis (15/10).

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, melalui siaran pers yang diterima Minggu (18/10) menjelaskan, XL Axiata terus berupaya mendukung pemerintah dalam upaya membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, terutama dengan memberikan solusi atas problem masyarakat dalam mendapatkan kuota data untuk mengikuti PJJ.

“Semoga dukungan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh seluruh pelajar dan guru madrasah yang ada di Provinsi Bengkulu. Seiring dengan penyaluran paket internet ini, XL Axiata juga memastikan kualitas layanan data dan internet tetap maksimal demi kelancaran PJJ.” terangnya

 

Desy menambahkan, mekanisme penyaluran paket kuota data gratis ini hingga ke tangan siswa dan para guru akan dilakukan oleh sekolah-sekolah berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Bengkulu. Penyaluran donasi ini akan dilakukan dengan memprioritaskan pelajar kurang mampu yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan belajar online.

Selanjutnya, Desy menghimbau agar para pelajar madrasah di berbagai daerah di Sumatera yang telah menerima paket internet gratis dari XL Axiata agar segera memanfaatkannya secara maksimal guna mengikuti PJJ. Demikian juga kepada pihak sekolah yang telah ditunjuk untuk menyalurkannya, dia berharap penyaluran paket bantuan kepada siswa bisa segera disalurkan agar bisa langsung dimanfaatkan.

“Pada setiap paket, para pelajar dan guru mendapatkan kartu SIM dan kuota data sebesar 85GB yang bisa mereka manfaatkan selama dua bulan dan sudah langsung bisa dimanfaatkan. Tidak perlu ragu, kuota data itu benar-benar gratis dan memang untuk membantu memperingan para siswa dan guru yang harus melaksanakan PJJ. Apalagi pemberian paket gratis ini juga dilakukan secara resmi bersama pemerintah,” tegas Desy.

Paket internet gratis untuk pelajar tersebut bisa digunakan untuk akses aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan oleh guru untuk mengirimkan bahan pelajaran atau tugas selama PJJ, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.  Selain itu, dengan kuota gratis tersebut para pelajar madrasah juga bisa memakainya untuk mengakses bahan pendukung pelajaran yang ada di aplikasi e-learning madrasah, aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu.

Kuota itu pun juga bisa mereka gunakan untuk mendapatkan materi belajar yang tersediakan di madrasah berbagi yang ada di website https://elearning.kemenag.go.id/madrasahberbagi, Rumah Belajar Kemendikbud yang ada di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.idatau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Sosialisasikan Laut Nusantara di Bengkulu

Masih di Bengkulu, XL Axiata juga menyerahkan 1.000 kartu perdana AXIS, lengkap dengan kuota data sebesar 30 GB, paket conference dan edukasi, serta 50 kartu perdana AXIS dengan kuota data sebesar 1.5 GB kepada nelayan. Penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada nelayan Bengkulu. Ikut serta dalam aara tersebut sekitar 30 orang nelayan dari Kelurahan Malbero, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Aplikasi Laut Nusantara ini dibuat untuk mempermudah nelayan tradisional dalam mencari ikan di laut. Kepada para nelayan juga dipaparkan fitur-fitur Laut Nusantara, antara lain titik keberadaan, hitung bahan bakar minyak (BBM), hingga perbandingan harga ikan di masing-masing pelabuhan perikanan. Selain itu juga tersedia berbagai data terkait cuaca demi keselamatan seperti, kecepatan angin, tinggi gelombang, dan kondisi cuaca di tengah laut. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top