Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

XL Axiata Bagi Sembako untuk Masyarakat Terdampak Pandemi di Pekanbaru

Dibaca : 284

Pekanbaru, Prokabar — Bantuan dari Keluarga Besar PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mengalir untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Komunitas Generasi Penggerak (GERAK) Pekanbaru dan Mahasiswa XL Future Leaders Riau.

XL Axiata membagikan paket sembako untuk warga Pekanbaru yang terdampak situasi dan kondisi terkait wabah Covid-19. Sebagian dari donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi.

Penyerahan donasi berlangsung di seputaran Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (17/6).

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, banyak pekerja yang terimbas akibat Covid-19. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah, tetap berusaha karena harus menghidupi keluarganya.

“Hasil yang diperoleh memang tidak lagi bisa maksimal seperti dulu ketika kondisi normal. Kepada mereka donasi ini kami salurkan, berkolaborasi dengan komponen masyarakat Kota Pekanbaru yang memiliki keperdulian yang sama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban ekonomi mereka yang saat ini terdampak wabah Covid-19.” ungkapnya lewat siaran pers.

Desy menambahkan, kegiatan yang sama juga serentak dilaksanakan di Banda Aceh dan Bandar Lampung. Paket bantuan terdiri dari sembako, seperti beras, minyak makan, gula, kecap, dan mie instan. Khusus untuk Pekanbaru, ada sebanyak 50 paket bantuan yang dibagikan.

Sebelumnya, tim PWI Riau dan Komunitas Generasi Penggerak (GERAK) Pekanbaru telah melakukan identifikasi di lapangan, untuk menentukan siapa saja masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang tetap tak kenal menyerah dalam mencari nafkah di situasi dan kondisi yang berat saat ini. Paket bantuan diberikan antara lain kepada pemulung, penjual koran, tukang parkir, dan pedagang kecil.

Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengatakan berterimakasih kepada XL Axiata yang bermitra bersama PWI Riau Peduli dalam berbagi sembako. ”Kondisi saat ini sangat memprihatin karena banyak masyarakat yang terdampak pandemic Covid 18, termasuk insan pers di Riau. Oleh karena itu bantuan sembako yang dibagikan hari ini, semoga bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” kata Zulmansyah.

Sebelumnya, XL Axiata juga  bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di ketiga kota. Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan.

Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. Kemudian berkolaborasi dengan anak-anak muda Blogger Medan (Blog M) memberikan bantuan 60 paket sembako.

Di Padang berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar dan Komunitas Berbagi Nasi Padang memberikan bantuan 60 paket sembako untuk para pemulung, penarik becak dayung, penjual koran, juru parkir, pedagang kecil, penyapu jalan raya, penjual krupuk, penjual balon, dan lain-lain di Kota Medan.

Di Bandar Lampung, XL Axiata bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung, Mahasiswa XL Future Leaders Lampung dan PT. Speedy Lintas Gemilang sebagai mitra penjualan yang memberikan bantuan 50 paket sembako.

Di Banda Aceh, XL Axiata bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, Mahasiswa XL Future Leaders Aceh dan PT. Prima Multi Usaha sebagai mitra penjualan yang memberikan bantuan 50 paket sembako yang diberikan kepada pemulung, penarik becak, juru parkir, penjual koran, dan lain-lain di 3 kota tersebut.

XL Axiata juga memberikan dukungan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp. 100.000.000 melalui program Donasi Siaga Pandemi. Program ini inisiatif dari XL PRIORITAS melalui #BukberDariRumah challenge di Instagram yang berlangsung 6-20 Mei 2020.

Pada program tantangan ini, pelanggan diajak untuk membuat video yang berisi beberapa potongan rekaman di mana pelanggan mengisi sebuah piring atau mangkuk kosong dengan menu buka puasa, lalu mengoperkan lagi piring atau mangkuk tersebut ke partisipan selanjutnya. Satu video program ini yang diunggah ke Instagram Story akan dikonversikan menjadi donasi sebesar Rp 100.000.

“Tantangan ini mendapatkan sambutan yang bagus dari pelanggan. Banyak video yang masuk ke kami dan sangat kreatif. Seluruh pelanggan yang telah mengikuti #BukberDariRumah Challenges berarti telah turut berkontribusi dalam meringankan beban saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19. Tak lupa, XL PRIORITAS mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kata Octavia Kurniawan, Chief of Premium Segment Officer XL Axiata.

Sejak pandemi Covid-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, karyawan XL Axiata mengambil inisiatif untuk mengumpulkan donasi dari dana pribadi mereka sendiri.

Pengumpulan donasi telah di laksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama terkumpul sebesar Rp 818 juta. Lalu pada tahap kedua terkumpul Rp 750 juta. Dana hasil pengumpulan tahap pertama telah disalurkan untuk donasi 1.000 alat pelindung diri yang diberikan kepada 10 rumah sakit di Jakarta.

Sementara itu, dana yang terkumpul dari tahap kedua disalurkan untuk donasi berupa bantuan pangan gratis, masker, vitamin, kebutuhan pokok Ibu dan Anak dan lain-lain di berbagai daerah di Indonesia, termasuk untuk membantu komunitas tunanetra di beberapa kota.

XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2GB/hari secara gratis.

Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di sejumlah daerah di Indonesia. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top