Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Wujudkan Smart Provice, Sumbar Commad Center Segera Dirampungkan

Dibaca : 156

Padang, Prokabar — Upaya Provinsi Sumatra Barat dalam mewujudkan Smart Province terus dilakukan, kali ini yang terbaru ditunjukkan melalui penyediaan Sumbar Command Center (SCC) yang dilengkapi dengan teknologi canggih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatra Barat, Yeflin Luandri menyatakan bahwa, Sumbar Command Center (SCC) lahir berdasarkan sejumlah kajian dengan berbagai pihak terkait.

“Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan berbagai macam data dan informasi yang dihimpun dari seluruh perangkat daerah lingkup Provinsi Sumbar, untuk selanjutnya menjadi bahan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan bagi pimpinan,” katanya dilansir dari MC Sumbar, Senin (27/1).

Dia mencontohkan, ke depannya melalui SCC Pemprov Sumbar bisa menampilkan informasi secara detail keberadaan infrastruktur jalan di suatu daerah.

“Melalui aplikasi Sistem Informasi Jalan Longsor dan Terban (SISORBAN), nantinya bisa kita tampilkan di SCC, untuk mitigasi bencana, hal ini tentu menjadi salah satu bahan untuk pengambilan kebijakan,” ucap Yeflin.

Lebih lanjut dikatakan, untuk tahap awal, pihaknya telah mengintegrasikan sejumlah data di SCC.

“Kita sudah bisa tampilkan data terkait pembangunan Sumbar di berbagai sektor, Indeks Kinerja Utama, data Indikator Makro, Data Stastistik PPID, Data Peta Serangan Cyber serta Data Monitoring Jaringan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, SCC juga didukung oleh fasilitas Video Conference, dalam minggu ini secara marathon berhasil di uji coba dengan kabupaten/kota di Sumbar.

Hal ini dipandang penting, mengingat pada tahun 2020, ada 13 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak, termasuk Pemilihan Gubernur Sumbar.

“Tentu akan bermanfaat bagi pimpinan untuk melakukan monitoring secara realtime pada 19 kabupaten/kota di Sumbar termasuk bagi Pemerintah Pusat,” kata Yeflin.

Meski demikian dikatakan sebelum secara resmi diluncurkan, beberapa fitur canggih pada SCC yang berlokasi di Lantai 2 Diskominfo Sumbar ini akan terus disempurnakan. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top