Daerah

Wujudkan Pelayanan Publik Prima Terkendala Komunikasi di Pasaman, Ini Sebabnya

Pasaman, Prokabar — Tiga instansi pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di Pasaman duduk semeja, Kamis (12/9). Tiga dinas ini ialah, RSUD Lubuk Sikaping, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Pantauan Prokabar.com, tiga instansi besar ini membahas bagaimana menciptakan pelayanan adil, akuntabel dan transparan di masing-masing instansi bersama perangkat pemerintahan hingga ke nagari.

“Pelayanan publik yang prima, menjadi salah satu fokus pemerintah dalam mewujudkannya saat ini. Makanya, melalui forum konsultasi publik bersama instansi dan perangkat pemerintah hingga ke nagari, Pasaman mendukung terciptanya pelayanan publik yang prima itu,” kata Joko Rivanto, Asisten Adminitrasi Umum Setda Pasaman.

Di sisi lain, dalan temu forum di aula perpustakaan RSUD itu, terungkap, polemik utama dalam menciptakan pelayanan prima itu ialah, kesalahpahaman komunikasi antar masyarakat dan instansi. Masyarakat yang terkendala atau buntu dalam mendapat pelayanan publik, sering tidak paham. Maunya cepat, namun persyaratan atau aturan tidak dibaca dan dilengkapi. Hingga akhirnya, ngotot untuk tetap dilayani dan terjadi konflik.

“Jadi, pada intinya pemerintah tidak akan mempersulit atau menelantarkan masyarakat yang ingin mendapat pelayanan. Hanya saja, situasi kondisi komunikasi, kerap menjadi penghambat pelayanan prima ini terwujud. Kami meminta, masyarakat lebih arif begitu juga petugas di instansi. Bila terkendala, pahami alur pemecahan kendala itu, maka semua lancar. Bisa melalui call centre instansi bersangkutan maupun melalui bagian informasi,” tukas Djoko Rifanto. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top