Trending | News | Daerah | Covid-19

Ekonomi

Weno: Akses Modal Bagi UMKM di Padang Perlu Dipermudah

Dibaca : 395

PADANG, Prokabar – Pembangunan ekonomi di Padang sudah bergerak di jalur yang benar.  Tinggal lagi memberi peluang kepada UMKM untuk mendapatkan askes modal dan pasar serta batasan sewa-sewa ruko yang terjangkau.
“Problem hari ini di Padang, harga sewa ruko terlalu tinggi dan tidak ada regulasi, nanti harus kita buat acuannya, sehingga ada jaminan usaha,” kata Pengusaha, Weno Aulia Durin di Padang, Kamis (3/8).

Soal ruko itu, kata dia, pemerintah sudah menatanya sedemikian rupa, cuma belum sampai pada keseragaman sewa sesuai zonasi dan fasilitas ruko. 

Selain itu, menurut pria yang bakal maju dalam Pilwako Padang ini, Pasar Raya yang sudah tertata baik itu, harus dijaga bersama, terutama oleh pelaku usaha. “Itu kan universitasnya pedagang Sumatera Barat,” kata pria kelahiran 1963 ini.

Wirausahawan ini menilai, problem lain yang sedang dihadapi UMKM adalah akses pada modal. Ia melihat dunia perbankan, bukannya tidak mau, tapi masih ragu-ragu menyalurkan kredit bagi UMKM apalagi pemula. Ini memang harus dicarikan solusi bersama oleh pemerintah dan dunia  perbankan.

Di Padang, kata Weno ada sekitar 2.000 UMKM, terbanyak di Lubuk Begalung, lebih dari 300 unit. Ini artinya, peran Semen Padang di sana, sangat signifikan. Paling sedikit di Bungsu dan 

Nanggalo hanya sekitar 120 unit. Ke depan, kata dia, harus lebih banyuak muncul UMKm di semua kecamatan, sehingga dampak ekonominya semakin meluas.

Ini selaras dengan keinginan pemerintah memacu sektor wisata. Padang, pasti akan menjadi kota penting dalam peta wisata Sumatera Barat. “Di sana kita harus mengambil peran dan syukur Pemko Padang sudah membaca hal itu sehingga dilakukan berbagai pembenahan,” kata dia.

Menurut dia, dalam lima tahun ke depan, Pemko Padang diyakini bisa memcu pertumbuhan ekonomi,  memperbanyak UMKM dan membuka lapangan kerja. ‘Kita punya konsep untuk itu,” kata calon kuat kadidat wakil walikota Padang untuk yang disebut-sebut bakal mendampingi incumbent Mahyeldi itu. (Laf)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top