Trending | News | Daerah | Covid-19

Bola

Wawancara Eksklusif Eduardo Almeida: Ini Grup Sulit, Semen Padang FC Harus Melakukan yang Terbaik

Dibaca : 296

Padang, prokabar – Pelatih Semen Padang FC, Eduardo Almeida siap melaksanakan tugasnya, mempersiapkan timnya menghadapi restart Liga 2 2020, yang akan dimulai 17 Oktober 2020 mendatang.

Pelatih asal Portugal yang saat ini masih berada di negaranya, mengatakan sudah mengetahui hasil drawing grup, dan mengaku tetap optimis dengan peluang timnya yang ditargetkan lolos ke Liga 1 musim depan.

Walau mengakui Semen Padang FC berada di Grup yang sulit, namun itu tak menyurutkan tekadnya memberikan yang terbaik untuk “Kabau Sirah”. Karena saat ini, dengan perubahan format kompetisi, semua tim mempunyai peluang yang sama.

Tentang apa yang akan dilakukannya bersama Semen Padang FC mengahdapi Liga 2 ini, wartawan bolabetan.com, Rizal Marajo melakukan wawancara eksklusif dengan pelatih 43 tahun ini.

Wawancara dilakukan Kamis (20/8) sore, melalui teks dan berikut petikannya setelah dilakukan alih bahasa:

***********

Drawing Liga 2 Sudah selesai dilakukan, apakah Anda sudah mengetahuinya?
Ya, tentu saja. Saya selalu mengikuti apa yang terjadi di Indonesia.

Semen Padang FC berada di grup yang sama dengan sejumlah tim favorit, seperti PSMS Medan dan Sriwijaya Fc, tanggapan Anda?
Ini memang grup yang sulit, kami harus melakukan yang terbaik untuk semua pertandingan di grup ini. Kami akan bekerja keras untuk menembus fase kedua turnamen.

Apa rencana terdekat Anda bersama manajemen tim, setelah ada kepastian Liga bergulir?
Kami akan mencoba memulai kembali pada bulan September, untuk membuka sesi latihan kami untuk mempersiapkan tim menghadapi restart liga ini.

Apakah Anda sudah merasa cukup dengan skuad Anda sekarang?
Sampai saat ini skuad saya masih sama, dan saya belum punya rencana untuk membuat perubahan dalam tim saya.

Apakah Anda merasa “terganggu” dengan tim-tim pesaing yang sangat berambisi menambah pemain level Liga 1?
Tidak, saya tidak punya masalah dengan persaingan atau khawatir tentang apa pun. Dalam sepakbola kita harus siap untuk segalanya. Kami hanya akan melakukan yang terbaik setiap hari, dan itu yang kami pikirkan.
Sepakbola terkadang menang, seri, atau kalah, itu hal yang normal. Sekali lagi Kami hanya harus melakukan yang terbaik, lalu melihat hasilnya. Contoh, di Liga champions tahun ini, banyak tim favorit yang harus keluar dari persaingan. Itulah sepakbola.

Anda punya referensi tentang Sulut United FC, Persijap jepara, atau Persekat tegal, yang juga akan menjadi pesaing Anda di Grup D?
Pada saat ini tidak ada, karena saya baru tahu tentang drawing grup kemarin. Taoi Kami akan mencoba mendapatkan secara detail informasi tentang semua tim. Setelah itu kita analisa dan apa yang harus dikerjakan. Tapi sekarang yang lebih penting adalah fokus dan kerja dengan tim kita sendiri. Itulah cara kami bersiap menghadapi persaingan.

Diatas kertas, skuad Anda salah satu yang terbaik di kompetisi ini. Apa yang harus Anda tambahkan dalam skuad “mewah” ini selain taktical dan strategi?
Ya, banyak media mengatakan seperti itu, tetapi saya juga melihat banyak tim lain yang mempunyai pemain dengan kualitas bagus. Ini tantangan besar bagi kami, karena menunjukkan dilapangan, bukan diatas kertas. Nama besar juga bukan jaminan untuk bisa menang.

OK, sejauh ini bagaimana komunikasi Anda dengan manajemen semen Padang FC, kapan Anda ke Padang dan memluai sesi latihan?
Tentu saja saya selalu berhubungan dengan manajemen. Kami merencanakan memluai lagi awal September. Seperti semua orang tahu, dengan kondisi pandemi sekarang, banyak hal-hal yang membuat lebih sulit untuk kembali bekerja normal.

Format Liga 2 berubah 180 derajat, apakah ini akan menjadi handicap Anda untuk mencapai target lolos ke Liga 1?.
Ya, betul sekali, ini adalah format yang jauh berbeda. Dengan kondisi ini semua tim kini memiliki peluang yang sama. Tidak boleh ada kesalahan, karena jika Anda membuat kesalahan, Anda tak punya waktu untuk memulihkan diri.
Yang paling penting, tim tak perlu konsisten terlalu lama. Karena Anda hanya perlu konsisten untuk 6-7 pertandingan saja. Itu saja perbedaannya. Tim tak punya waktu berkembang selama proses. Tak ada proses, itu hanya permainan.

Diluar topik, Anda menyaksikan Liga Champions di Lisbon? Ada Bayern Munchen vs Paris SG di final. Siap yang akan menang?
Ya, saya menonton semua pertandingan, tapi bukan menonton langsung karena pertandingan tanpa penonton. Saya hanya menyaksikan di TV. Saya pikir Bayern akan menang, tetapi dalam satu pertandingan apapun bisa terjadi.(*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top