Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Waspada, Warga Kapuah, Tarusan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dibaca : 1.2K

Pesisir Selatan, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar), melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat jumlah penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah satu orang, pada Selasa (26/5).

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rinaldi Dasar mengatakan, hari ini ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 satu orang.

Pasien yang terkonfirmasi kasus Covid-19 ini merupakan kasus ke 18, pasien tersebut jenis kelamin Laki-laki umur 27 tahun, dia merupakan warga Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI, pasien positif ini merupakan klaster Pasar Raya Padang, jelasnya.

Nasrul Abit Indra Catri

Ia menambahkan, yang bersangkutan sehari hari bekerja sebagai tukang parkir dan jaga malam di Pasar Raya. Pasien tersebut akan dikarantina di Padang, saat ini sedang dalam persiapan administrasi.

“Ya, yang bersangkutan merupakan Warga Nagari Kapuah, dia bekerja sebagai tukang parkir dan jaga malam di Pasar Raya Padang, pasien akan dikarantina di Padang, saat ini menyiapkan administrasinya, ” ujarnya pada Prokabar.com.

Pasien tersebut, ungkap Rinaldi, sempat pulang kampung dan kontak dengan keluarga dekatnya di Kapuh, sebelum hasil labornya keluar dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Terhadap kasus positif tersebut tim gugus tugas sudah melakukan tracing. Berdasarkan tracing tim gugus tugas Pesisir Selatan maka ditemukan 10 orang warga yang diduga kontak dekat dengan pasien kasus ke 18.

Saat ini, ke 10 orang tersebut telah dikarantina di pusat karantina Rusunawa Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Pessel.

Lanjut, Rinaldi mengatakan, dengan demikian jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 artinya bertambah menjadi 18 orang. Namun, Ke 18 pasien positif tersebut, dengan rincian sebagai berikut.

Pasien sembuh 12 Orang, meninggal satu orang dan di karantina lima orang, dengan rincian satu orang di  Balai Diklat BPSDM Sumbar di Padang Besi dan tiga orang dikarantina di Bapelkes Provinsi Sumatera Barat.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total enam orang. Namun, ke enam orang PDP tersebut, lima orang dirawat RS M. Zein Painan dan satu orang dirawat RS. M DJamil Padang.

Selanjutnya, Orang Dalam Pemantauan (ODP) total 326 orang dan selesai masa pemantauan berjumlah 320 orang, selanjutnya proses pemantauan berjumlah enam orang.

Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 598 orang, namun, selesai pemantauan berjumlah 387 orang dan proses pemantauan berjumlah 211 orang.

Pelaku perjalanan (Notifikasi) berjumlah 7.187 orang, namun, selesai pemantauan berjumlah 6.810 orang dan proses pemantauan berjumlah 377 orang.

Rinaldi lanjut berkata, berkaitan dengan penanganan Covid-19 saat ini pelaksanaan Karantina di Rusunawa sebanyak 197 orang selesai sebanyak 187 orang, dan sedangkan menjalani karantina sebanyak 10 orang.

Untuk informasi data Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan,  dapat melalui link web: https://covid19.pesisirselatankab.go.id.

Sedangkan untuk layanan informasi dan pengaduan terkait penyaluran Bansos bagi masyarakat terdampak Covid-19 melalui pesan WA nomor 0811-6603-303, atau 0852 7422 7373 atau melalui nomor 0853 8616 1288.

“Masyarakat juga bisa menyampaikan melalui website dengan alamat, http://covid19.pesisirselatankab.go.id. laporan tersebut kami sampaikan dengan menu pengaduan format: nama_No.KTP_Alamat_ pengaduan, ” tutupnya,(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top