Daerah

Warga Pasia Tiku Dihebohkan Penampakan Buaya, BKSDA Minta Jauhi Lokasi!

Dibaca : 152

Agam, Prokabar – Buaya Muara (Crocodylus porosus) terlihat di Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam terlihat dan sempat direkam membuat heboh warga setempat, Selasa (2/3). Kondisi itu cukup mengkuatirkan dan memberi peringatan tersendiri kepada masyarakat.

Hal itu dibenarkan Kepala BKSDA Resor Kabupaten Agam, Ade Putra. Penampakan melalui rekaman video yang sempat viral di media sosial itu berdasarkan informasi dari BPBD Agam, Bhabinsa dan Bhabinkamtipmas setempat.

Mendapati informasi itu, Tim BKSDA langsung ke lokasi dan melakukan pencarian keberadaan terkini seekor Buaya Muara itu dan penghimpunan data dari masyarakat.

“Berdasarkan identifikasi awal kita ke lokasi, dibenarkan itu adalah Buaya Muara yang melintasi daerah itu. Berdasarkan informasi sementara dari warga, Buaya itu berenang dari Hutan Mangrove Muara Batang Gasan Kaciak dan hendak menuju Hutan Mangrove Muara Pasia Tiku,” terang Ade.

Satwa dilindungi itu lanjutnya, diperkirakan sepanjang 1,5 meter. Untuk sementara, belum diketahui pasti maksut dan tujuan serta hendak kemana Buaya Muara tersebut. Untuk mencegah terjadinya konflik yang membahayakan warga, besok pagi (3/3), Tim BKSDA berencana akan memasang spanduk larangan dan menjahui lokasi untuk sementara waktu.

“Kami menghimbau seluruh masyarakat pesisir dan pengunjung ke Pasia Tiku, untuk menjauhi area pantai. Karena penampakan Buaya Muara itu menandakan bahaya. Berharap kapada semua pihak berkepentingan di wilayah tersebut dapat juga mensosialisasilannya, agar tidak ada warga diserang satwa dilindungi itu,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top