Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Warga Lawang Tigo Balai Gempar, Hewan Ternak Diterkam Binatang Buas

Dibaca : 171

Palembayan, Prokabar — Masyarakat Dusun Aia Sunsang, Jorong Cubadak Lilin, Nagari Lawang Tigo Balai, Kecamatan Palembayan sempat gempar akibat temuan seekor induk kambing milik warga, ditemukan tewas dalam keadaan kepala putus, beberapa hari lalu. Hewan ternak tersebut diduga kuat diterkam hewan buas.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, pemilik kambing tersebut bernama Zulpen Hendri (40). Kejadian berlangsung pada Kamis (5/3) lalu sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Pemilik atau pengembala tersebut baru mengetahui kejadian Jumat sore (6/3) pukul 17.30 WIB.

“Awalnya pemgembala melakukan pengecekan ke kandang kambing. Saat sampai di lokasi, seekor induk kambing tidak ditemukannya,” Ungkap Ade kepada Prokabar.com, Senin (9/3).

Sekitar Jumat pagi, Zal mencoba melakukan pencarian di sekitar kandang. Tepatnya di dekat tanaman pisang, berjarak 100 meter dari kandang Kambing. Pengembala kemudian terkejut, melihat seekor induk kambing sudah mati mengenaskan.

“Kemungkinan besar hewan buas itu menjemput induk kambing lansung ke dalam kandang. Berdasarkan hasil pemantauan, sebelum induk, ternyata dulu anak kambing lebih dulu diterkam. Namun kemungkinan lepas dari terkaman. Lalu memangsa induknya dan dibawa keluar untuk dimakan,” terang PEH BKSDA Resor Agam tersebut.

Ia melanjutkan, kambing milik Zulpen berjumlah 8 ekor diantaranya 7 ekor induk kambing dan 2 ekor anak. “Kami belum bisa memastikan apakah hewan buas atau hewan liar itu Harimau atau Macan Dahan. Karena jejak dan tanda-tanda satwa di lokasi sudah rusak dan tidak jelas,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top