Daerah

Walikota Pariaman Raih Penghargaan Entrepreneur Award 2019 Bidang Pendidikan

Jakarta, Prokabar — Walikota Pariaman Genius Umar didaulat sebagai salah satu kepala daerah penerima Wali kota Entrepreneur Award 2019.

Penghargaan itu diserahkan pada acara Regional Leader Entrepreneur Award 2019, di Ballroom 1C, Ritz Carlton Pacific Place, Komplek SCBD Jakarta, Rabu (4/12).

Regional Leader Entrepreneur Award 2019 ini, diinisiasi oleh Mark Plus Inc, yaitu Perusahaan layanan profesional terkemuka di Asia Tenggara yang melayani perusahaan dan individu di bidang konsultasi, riset pemasaran, pendidikan, dan komunitas media.

Penjurian Wali kota Entrepreneur Award  ini, dilakukan oleh Philip Kotler Center,  for ASEAN Marketing dengan mengacu pada penilaian kinerja yang bersangkutan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Founder and Chairman, Mark Plus Inc,  Hermawan Kertajaya, mengatakan bahwa masa penjurian untuk memilih Walikota Entrepreneur Award ini cukup lama.

“Penetapan dilakukan setelah penjurian panjang dan melalui audiensi langsung dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah dan klarifikasi dengan tim Ditjen Otda, terkait lama menjabat dan pencapaian minimal status tinggi untuk penilaian kinerja Kemendagri,” katanya dilansir dari MC Pariaman, Kamis (5/12).

Berdasarkan penilaian tersebut, Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menyatakan bahwa Wali kota Pariaman, berhak menjadi penerima Wali kota Enterpreneur Award 2019.

Sementara itu Wali kota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa hal ini menunjukan bahwa walau kita hanya kota kecil dari ratusan Provinsi, Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia, dirinya dapat bersaing dengan Gubernur, Wali kota dan Bupati dari seluruh Indonesia.

“Kami mengucapkan apresiasi atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami, karena dengan terobosan yang kami lakukan, yaitu Program Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana) di bidang Pendidikan, dengan memberikan beasiswa kepada warga tidak mampu untuk tetap dapat kuliah, yang seluruhnya dibiayai oleh APBD”, ujarnya.

Ia berharap, program ini dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman, dan kiranya program ini mampu mengilhami daerah lain untuk meningkatkan kinerja di bidang pendidikan.

Lebih lanjut, lulusan S3 IPB ini mengatakan bahwa saat ini Kota Pariaman sedang bergerak untuk menjadi salah satu Kota kunjungan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Apalagi pada 14 Desember mendatang, Kota Pariaman ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Nusantara Nasional 2019, yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi, tuturnya.

“Kami menginginkan Kota Pariaman dapat berbicara banyak di pentas nasional nanti, sehingga Kota kecil kami yang terkenal dengan pesta budaya Tabuik nya ini, dapat sejajar dengan kota lainya di wilayah Indonesia, dan Hari Nusantara Nasional 2019 berlangsung sukses”, katanya. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top