Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Wagub Sumbar : Pelaku UMKM Harus Siap Sambut Pemudik

Dibaca : 193

Pasaman Barat, Prokabar —Diperkirakan, pelaku UMKM yang ada di Sumbar akan meraup keuntungan saat libur hari raya idul fitri tahun ini, sebab jumlah perantau yang akan mudik ke kampung halaman diperkirakan mencapai satu juta orang.

“Ini kesempatan besar untuk pelaku UMKM, jadi harus siap-siap untuk memproduksi lebih jualannya,” ungkapa Wakil Gubernur Sunbar usai pelaksanaan safari Ramadan di Mesjid Nurul Ilmi, Simpang Ampek, Pasaman Barat, Selasa (28/5) malam.

Lebih lanjut ia mengatakan, besarnya pemudik yang pulang kampung akan menimbulkan dampak yang besar bukan hanya pada UMKM saja. “Tentu mereka juga akan makan dan mencari penginapan disini. Itu juga peluang lainnya untuk masyarakat Sumbar” ujarnya.

Selain itu, Nasrul juga berpesan kepada para perantau yang akan mudik menggunakan mobil pribadi atau bus untuk berhati-hati selama dalam perjalanan.

“Jika dengan mobil pribadi dan menggantuk jangan dipaksanakan, berhentilah terlebih dahulu untuk istirahat sejenak. Begitu juga dengan yang menggunakan bus, ingatkan supir nya jika lelah jangan dipaksakan karena beresiko besar untuk keselamatan” pesannya.

Berdasarkan sensus ekonomi 2016, jumlah UMKM di Sumbar sebanyak 593.100.

Sedangkan menurut data dari Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Setdaprov Sumbar, hingga minggu kedua ramadhan, sudah ada 4 (empat) organisasi perantau yang menyatakan pulang kampung bersama dengan menggunakan 1.000 bus.

Empat organisasi perantau tersebut, yakni Sulik Air Sepakat (SAS). Khusus SAS sudah melaporkan akan pulang bersama dengan 1.000 unit mobil. Kemudian, Ikatan Keluarga Kamang Barat, Nagari Koto Aur Malintang Padang Pariaman dan Ikatan Keluarga Kamang Saiyo. (rel/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top