Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Wabup Pessel, Hadiri Peringatan 1 Muharram di Masjid Raya Al-Munawwarah Kapelgam

Dibaca : 448

Pesisir Selatan, Prokabar — Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, menghadiri acara peringatan tahun baru hijriyah 1 Muharram 1442 H di Masjid Raya Al-Munawwarah, Nagari Kapelgam, Kecamatan Bayang.

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar menyampikan, pada hakekatnya, pergantian tahun juga harus dimaknai hijrah kepada suatu kondisi yang lebih baik, mengevaluasi diri terhadap hubungan sesama manusia dan kepada sang Khalik, berupaya menjadi umat muslim yang lebih baik, bertakwa.

Di era millenial ini, arus komunikasi dan informasi berjalan dengan cepat, luas tanpa batas, terkadang membawa kondisi kebimbangan dan tidak jarang berkontribusi terhadap pembentukan karakter seseorang.

Rusma Yul Anwar pun menyampikan apresiasi kepada pengurus dan masyatakat yang telah menggelar kegiatan acara peringatan tahun baru hijriyah 1 Muharram 1442 H yang menghadirkan ustad untuk menggali ilmu agama dan sekaligus menjalin silaturahmi.

“Mendengar ceramah agama untuk membersihkan hati. Belajar agama itu obat sekaligus kekuatan kita, “ujarnya Senin (24/8).

Wabup juga mengajak untuk pelihara silaturahmi, sebab dengan silaturahmi kita akan bahagia, hati menjadi bersih dan dosa-dosa diampuni.

“Dengan silaturahmi persatuan masyarakat akan tetap kuat dan terjaga, apalagi tahun baru hijriyah ini merupakan mensucikan perjalanan kita semua, “ajaknya.

Ia menambahkan, pada diri kita masing-masing perlu ada semangat baru menyambut tahun baru hijriyah untuk hidup yang lebih baik.

“Peristiwa hijrah Nabi Muhammad adalah peristiwa pada orang terpilih, waktu terpilih dan cara yang terpilih juga. Untuk itu bisa diambil hikmahnya dibalik peristiwa hijrah ini, “ungkapnya.

“Secara seksama mari kita mempelajari silsilah keturunan nabi. Silsilah atau ranji Mabi Muhammad harus diketahui sebagai bentuk cinta kepada rasul, ulama menyakini sepakat ranji Nabi Muhammad adalah orang-orang yang terjaga ketauhidannya, “ajaknya lagi.

Seiring itu Wabup Rusma Yul Anwar mengajak, melalui momentum peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah ini, marilah sama-sama mengevaluasi diri, meningkatkan ketakwaan untuk menangkal seluruh pengaruh negatif dari kemajuan zaman. Saling mengingatkan kepada kebaikan, menegakkan amar ma’aruf nahi munkar dan berjuang di jalan Allah sesuai peran dan fungsi yang kita miliki bersama.

Wabup menjelaskan, bulan Muharram adalah termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT. Dimana terdapat banyak keutamaan, yang jika kita beramal sholeh, tentunya ganjaran yang akan dianugerahi sangatlah besar.

Dikatakannya lagi, keutamaan yang terdapat dalam bulan Muharram ini adalah hari Asyuro, tepatnya tanggal 10 bulan Muharram yang disunahkan untuk menyayangi anak yatim dan memberi sedekah.

Melapangkan makanan untuk keluarga dan berpuasa pada hari tersebut, tentunya akan dilimpahkan keberkahan serta rahmat.

“Sebagaimana Sabda Rasulullah Salallahu Alaihi Wassallam, barang siapa pada hari asyuro berpuasa, maka seakan-akan ia telah berpuasa selama setahun lamanya, “tutupnya,(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top