Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Usai Rapat, Pembangunan Puskesmas di Selatan Surantih Diteruskan

Dibaca : 250

Pesisir Selatan, Prokabar — Akirnya Kuam Suku Sikumbang Paga Basi telah menghibahkan tanah miliknya kepada Pemerintah Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, pada Sabtu (30/5) kemarin.

Hibah tanah tersebut melalui hasil rapat bersama Kaum Suku Sikumbang dengan Pemerintah Nagari untuk keberlansungan pembagunan puskesmas rawat jalan. Dalam rapat tersebut menemukan kesepakatan, bawah pembangunan puskesmas rawat jalan tersebut tetap dilaksanakan pada Senin 1 Juni 2020.

Hadir dalami rapat itu, yakni pihak Kaum Suku Sikumbang Paga Basi, Pemerintah Kecamatan Sutera, Pemerintah Nagari, Babinsa, LKAM Sutera dan tokoh masyarakat setempat.

Hal itu dilakukan untuk membuktikan bahwa tidak akan ada satupun pihak yang akan menghalangi pelaksanaan pembangunan puskesmas.

Perencanaan pembangunan puskesmas, sesuai luas lahan yang diserahkan yakni 2.000 meter lebih. Pada lahan itu, dibangun Puskesmas rawat jalan, agar masyarakat di Nagari tersebut tidak jauh-jauh berobat ke Painan.

Mamak Suku Sikumbang Paga Basi, Saikal Saputra mengatakan, pihaknya sudah mengiklas menghibahkan tanah, agar masyarakat di Nagari dan sekitarnya yang membutuhkan fasilitas kesehatan, tidak perlu jauh-jauh untuk berobat atau dirawat.

“Kami dari kaum sebagai pemilik lahan telah telah menghibahkan tanah seluas 2.000 meter lebih untuk pembagunan puskesmas, “ujarnya.

Dikatakannya, tanah yang telah dihibahkan itu tidak akan bermasalah, karena mamak dan kemenakan telah bersepakat. “Luas lahan kami yang dihibahkan untuk pembangunan puskesmas yaitu dengan luas 2.000 meter lebih,” ungkapnya.

Wali Nagari Koto Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Erwil mengatakan, lahan milik Kaum Suku Sikumbang Paga Basi yang telah dihibahkan ke pemerintah untuk pembangunan puskesmas dengan lebar 2.000 meter lebih.

“Kami telah melakukan rapat bersama untuk mencari titik terang tentang status tanah dan keberlansungan pembagunan puskesmas. Artinya lahan tersebut tidak akan bermasalah dengan Kaum Suku Sikumbang Page Basi, “ujarnya.

Usia rapat, pihaknya bersama Kaum Suku Sikumbang membuat kesepakatan secara tertulis yang berbunyi, pemerintah nagari dengan Kaum Suku Sikumbang Paga Basi sepakat untuk merekrut pegawai atau pekerja baru, maka diprioritaskan pemilik tanah awal (Kaum Suku Sikumbang Paga Basi) sepanjang memenuhi persyaratan, tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top