Daerah

Usai Dirakit, Ini Jumlah Kota Suara yang Rusak di Agam

Agam, Prokabar – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam tuntas merakir 8098 unit kotak surat suara. Salah satu logistik penyelenggaraan pemilu serentak tersebut disimpan dalam gudang di tiga lokasi, karena muatan melebihi kapasitas atau daya penampungan.

Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Agam, Ismul Hamdi menjelaskan terdapat kerusakan pada kotak surat suara sebanyak 119, sehingga yang utuh tersisa 7979 kotak. Untuk mencukupinya, KPU Agam telah menyampaikan kembali untuk tambahan kepada KPU RI.

“Untuk jumlah kotak itu sudah 8098 kotak dan berhasil dirakit dengan kondisi baik itu berjumlah 7979. Dan untuk kekurangan-kekurangan kita sampaikan lagi ke KPU RI,” Ungkap Ismul.

Untuk penyaluran kotak lanjutnya, h-2 kita pastikan sampai ke masing-masing TPS. Terutama di daerah pelosok atau yang jauh-jauh. Kendala-kendala yang dilalui sejauh ini sudah kita petakan.

“Pertama persoalan cuaca saat penyaluran logistik nanti, kita sudah koordinasi dengan BPBD Agam untuk membantu nantinya,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Agam, Riko Antoni melalui via telepon mengatakan membenarkan adanya kerusakan serta kekurangan. “Jumlah TPS kita sudah 1.621. Setiap TPS membutuhkan 5 kotak suara. Total kotak yang dibutuhkan 8.106, sedangkan yang sampai hanya 8.098 kotak. Sehingga kekurangan 7 kotak,” terangnya.

Seluruh kotak sudah berhasil dirangkai dan terletak di tiga buah gudang. “Memang terjadi kerusakan sekitar 119 kotak, disebabkan dimungkinkan saat pemindahan barang saat pendistribusian,” terangnya. 

Untuk kekurangan tersebut sudah sampaikan kepada KPU RI. Dalam bulan ini, ditargetkan kekurangan kotak surat suara dan kertas surat suara sudah sampai di bulan ini. “Kita targetkan seluruh logistik tuntas menjelang seminggu sebelum pencoblosan 17 April 2019 berlangsung,” pungkas Riko Antoni. (rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top