Daerah

Unand Siapkan Tim Ahli Hingga Pendamping Untuk Dukung Program Gubernur Sumbar

Dibaca : 184

Padang, Prokabar — Universitas Andalas siap mendukung Program Unggulan (Progul) Gubernur terpilih Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansyarullah dan Audy Joinaldy.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri beberapa saat lalu.

Ada 15 Progul Gubernur Sumbar salah satunya dalam bidang Pendidikan, Universitas Andalas siap memberikan dukungan tim ahli untuk melakukan kajian terhadap pengembangan Pendidikan vokasi dan pemerataan Pendidikan.

Selanjutnya, dibidang beasiswa prestasi kuliah bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan baik di perguruan tinggi yang ada di Sumbar maupun Indonesia dan Internasional setiap tahunnya, Rektor Universitas Andalas sudah menyiapkan sistem penerimaan mandiri jalur kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

Lalu, dibidang penelitian yakni memberikan bantuan hibah penelitian pengembangan diri dosen di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dosen Universitas Andalas siap mendukung program penelitian pemerintah provinsi.

Sedangkan dibidang kesehatan yakni program layad rawat dan Public Safety Center (PCS), Rumah Sakit Universitas Andalas siap bekerja sama mendukung program layad rawat dan para ahli yang relevan juga akan membantu merancang system PSC 119 untuk Sumbar.

Terkait, peningkatan pendapatan petani dengan industrialisasi berbasis produk pertanian, hasil riset dan inovasi Universitas Andalas siap untuk dihilirisasi melalui skema kerja sama dan pendampingan.

Sumbar sebagai lumbung jagung dan beras nasional, disampaikan Rektor, Universitas Andalas punya hasil riset dan inovasi untuk peningkatan produktifitas padi dan jagung yang bisa dimanfaatkan serta tenaga ahli yang siap untuk melakukan pendampingan.

Mengangkat pengendali organisme penganggu tanaman 1 per kecamatan, Universitas Andalas punya hasil riset dibidang pengendalian hama dan penyakit tanaman yang bisa dimanfaatkan dan bisa dilanjutkan dengan kerja sama riset.

Untuk mendirikan Badan Usaha Umum Milik Daerah (BUMD) Agro, Universitas Andalas bisa menyiapkan tenaga ahli untuk studi persiapan atau kelayakan BUMD Agro dan Pendampingan.

Mengenai mencetak 100 ribu milineal sebagai enterpreneur dan pelaku ekonomi kreatif serta mencetak Minang Women Enterpreneur (pengusaha perempuan), Universitas Andalas mendukung melalui tamatan yang siap jadi entrepreneur, selain itu secara kelembagaan Unand punya UPT Kewirausahaan.

Membangun Industri pariwisata melalui 1 destinasi wisata berkelas internasional dan 19 destinasi wisata unggulan dan meningkatkan fungsi Gedung Kebudayaan, Museum, dan Perpustakaan Provinsi sebagai pusat pendidikan dan wisata IPTEKS (education tourism), Universitas Andalas punya tenaga ahli terkait di Fakultas Ilmu Budaya, FISIP dan Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan juga Pusat Pengembangan Pariwisata (Tourism Development Centre) siap mendukung mulai dari perencanaan hingga ke pendampingan.

Kemudian, percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur meliputi: perluasan pelabuhan teluk bayur, bandara, jalan, kereta api, sarana pendidikan, kesehatan, pertanian dan pariwisata, Universitas Andalas siap memberikan dukungan melalui kajian teknis dan legal serta kebijakan.

Rektor berharap Progul yang sudah disusun dapat terlaksana dengan baik sehingga masyarakat merasakan program tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sumbar ingin kerja sama dan sinergisitas ini tidak hanya untuk hari ini, kemarin dan juga selanjutnya, karena ada banyak Guru Besar, Doktor dan juga dosen di Universitas Andalas yang potensinya luar biasa.

Gubernur merasa sangat bangga dan untuk itu, ia hadir bersama dengan timnya malam ini dalam mencapai visi pemerintahannya yakni terwujudnya Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan yang disokong dengan tujuh misinya.

Meskipun periode pemerintahannya hingga 2024, namun progulnya tetap dirancang hingga tahun 2026,” ujarnya yang juga merupakan alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top