Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Masih Pandemi, Unand Selenggarakan Wisuda Secara Online

Dibaca : 234

Padang, Prokabar — Sebanyak 1.103 orang mahasiswa Universitas Andalas mengikuti wisuda secara Dalam Jaringan (Daring) dari rumah masing-masing di tengah pandemi COVID-19, Selasa (30/6).

“Pelaksanaan wisuda dipilih secara daring untuk mencegah penularan COVID-19 sehingga mahasiswa cukup mengikuti dari rumah lewat aplikasi,” kata Rektor Universitas Andalas Prof. DYuliandri, dilansir dari Unand.ac.id, Rabu (1/7).

Biasanya pelaksanaan wisuda ini digelar di Gedung Auditorium tetapi kali ini, ia memusatkan pelaksanaannya di Gedung Convention Hall yang di juga di ikuti oleh Ketua Majelis Guru Besar, Ketua Senat Akademik Wakil Rektor serta Dekan-dekan dilingkungan Universitas Andalas.

Dalam pelaksanaan ini pemindahan jambul langsung dilakukan oleh orang tua atau keluarga wisudawan di rumah masing-masing.

Wisuda daring ini juga diikuti oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno selaku orang tua yang anaknya juga turut diwisuda.

Rektor mengungkapkan pelaksanaan wisuda daring merupakan konsekuensi dari pandemi COVID-19 yang masih terjadi, dikarenakan belum dibenarkan untuk mengumpulkan mahasiswa dalam jumlah besar. Ia berharap proses wisuda daring ini tidak mengurangi makna perayaan kelulusan itu sendiri.

Kemudian, Rektor berpesan kepada para wisudawan agar dapat mendharma baktikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya untuk nusa, bangsa, keluarga dan agama.

Selain itu, ia juga menekankan untuk terus menjaga idealisme, integritas dan nama baik almamater dimanapun nanti para lulusan atau wisudawan berada dan melakukan prosesi apapun.

Mengenai pengambilan ijazah nanti akan diatur oleh prodi dari pihak fakultas dengan jadwal sedemikian rupa agar tidak terjadi penumpukan massa sesuai dengan standar covid.

Sementara itu, Irsyad salah seorang mahasiswa yang mengikuti wisuda mengakui pelaksanaan secara daring tidak semeriah ketika dilaksanakan langsung di kampus, namun karena masih  COVID-19 jadi pilihan yang harus dilaksanakan secara daring.

Lebih lanjut, ia menilai ada kelebihan wisuda daring karena yang memindahkan jambul langsung orang tuanya. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top