Daerah

ULP Kota Padang Akan Bertransformasi Menjadi UKPBJ

Padang, Prokabar – Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang diperkuat dengan Permendagri Nomor 112 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (UKPBJ) Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota bakal mengubah peta pengadaan pemerintah kota Padang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Kota Padang Yoga Nathasa Amin dalam diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (21/11). UKPBJ adalah transformasi unit layanan pengadaan (ULP) yang diantaranya memiliki peran melakukan pembinaan, pemilihan penyedia dan pengelolaan sistem informasi dan akan direalisasikan akhir Desember mendatang.

“Nantinya, UKPBJ tidak hanya terbatas pada kegiatan proses pemilihan penyedia, namun berperan dalam pembinaan sistem pengadaan yang ada di setiap Pemerintah Daerah. UKPB menjadi unit kerja strategis dan menjalankan pola manajemen organisasi modern.” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Unit ini merupakan sebuah unit permanen struktural yang diisi oleh orang yang kompeten dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, tersertifikasi dan terus-menerus memikirkan pengadaan.

Maka, personil yang tadinya hanya bekerja paruh waktu akhirnya bisa bekerja penuh waktu sebagai pengelola pengadaan secara profesional. Dari sinilah UKPBJ akan berperan penting dalam mengubah paradigma pengadaan dengan mendorong pembentukan pasar pengadaan yang sehat dan kredibel melalui ekstensifikasi e-kaktalog.

“Suasana tender akan dikurangi, lalu non tender akan dinaikan dengan mekanisme e-katalog. Saat ini kewenangannya masih di LKPP, tapi ke depan akan didelegasikan ke daerah melalui katalog daerah melalui katalog sektor.” terangnya.

Apabila hal itu terwujud, maka pemerintah akan memiliki pasar pengadaan yang sangat besar dengan nilai transaksi yang sangat besar. “Pada akhirnya, unit ini akan menjadi center of excellence dalam pengadaan barang/jasa yang salah satu outputnya adalah menjadikan pengadaan sebagai profit center.” jelasnya. (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top