Trending | News | Daerah | Covid-19

Kesehatan

Uji Klinis Vaksin Covid-19 Tahap Ketiga Selesai, Ini Langkah Pemerintah Selanjutnya

Dibaca : 111

Jakarta, Prokabar — Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Coronavirus Disease (Covid-19) Universitas Padjajaran mengatakan setelah selesai melakukan uji klinis vaksin Covid-19 tahap tiga, yang mengatur kapan dilakukan imunisasi dan sebagainya adalah pemerintah.

“Yakni Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Kami hanya melaporkan uji klinis ini baik atau tidak dan hasilnya nanti akan dibandingkan dengan negara-negara lain yang juga melakukan uji klinis tahap 3,” kata Kusnadi, Rabu (4/11).

Lanjut Kusnadi, uji klinis vaksin Covid-19 tahap tiga yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat sementara waktu sudah cukup baik. Pihaknya sudah memberikan 1620 suntikan pertama, kemudian 1650 suntikan kedua dan hingga saat ini tidak ada yang mengkhawatirkan.

Memang ada yg drop out tapi bukan karena reaksi vaksin melainkan karena penyakit lain seperti tipus, pindah bekerja sehingga yang drop out tidak bisa melanjutkan suntikan yang kedua.

“Sampai saat ini, jumlah yang drop out sebanyak 17 orang, tujuh orang karena pindah bekerja dan sisanya karena sakit yang tidak disebabkan oleh imunisasi,” kata Kusnadi. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top