Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

TNI AL Gelar Baksos di Banten dan Kalianda Sambut Hari Dharma Samudera

Dibaca : 433

Jakarta, Prokabar — Menjelang pelaksanaan Hari Dharma Samudera pada Selasa(15/1/2019) mendatang. TNI Angkatan Laut akan menggelar Bakti Sosial di tiga lokasi, yaitu wilayah Pandeglang Banten dan Kalianda Lampung Selatan, yang baru saja terdampak tsunami, serta di Tual Maluku.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Muhammad Zainal, Rencananya, Hari ini (7/1) Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono,akan melepas Satgas Baksos menuju Banten dan Lampung dengan membawa berbagai material logistik.

“Material logistik tersebut antara lain 3000 paket sembako, 1000 dus air mineral, 500 buah selimut, dan 10 set tenda lapangan yang penyerahannya akan dilaksanakan secara simbolis kepada masing-masing pemerintah daerah setempat.” kata Zainal

Sedangkan untuk Satgas Baksos di wilayah Tual Maluku, TNI AL akan mengerahkan unsurnya yaitu KRI Makasar – 590 dengan membawa 1500 paket sembako, 500 dus air mineral, tas lengkap dengan peralatan tulisnya, berbagai perlengkapan olah raga, paket khitanan untuk 300 orang, pelayanan kesehatan umum, baju dukungan dari Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dan dari Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Disadal), hingga bahan kontak seperti pamflet, kalender TNI AL, film Pertempuran Laut Arafuru, serta perlengkapan ibadah.

“Direncanakan Satgas Baksos di Tual akan dilaksankaan pada 13 sampai dengan 16 Januari 2019.”ungkap Zainal

Ia juga menjelaskan, untuk melaksanakan kegiatan Baksos di tiga wilayah ini, TNI AL mengerahkan kurang lebih 200 personel yang didukung oleh 3 unsur KRI, 7 unit truk dari Koarmada I, 10 truk dari Kormar, 2 truk dari Dispotmar dan Pangkalan Angkatan Laut Tual, serta puluhan Kendaraan Taktis guna memudahkan operasional di lapangan.

Sementara itu, Hari Dharma Samudera rutin diperingati khususnya di jajaran TNI AL pada setiap tahunnya guna mengenang peristiwa heroik Pertempuran Laut Arafuru. Dalam peristiwa tersebut telah gugur Sang Patriot Bangsa Komodor Yos Sudarso bersama dengan tenggelamnya Rl Matjan Tutul serta awak kapal tersebut di wilayah laut Arafuru pada 15 Januari 1962.

Pada Puncak Peringatan Hari Dharma Samudera, seluruh satuan maupun unsur TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di dalam maupun di luar negeri, akan melaksanakan upacara serta tabur bunga. Dan bertepatan dengan “jam” terjadinya peristiwa heroik tersebut, seluruh prajurit TNI AL akan melaksanakan doa bersama bagi arwah para pahlawan yang gugur dalam pertempuran itu. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top